Sebelum membahas manfaat loyalty program, maka sebaiknya kita pelajari pengertiannya terlebih dahulu. Loyalty program atau program loyalitas adalah strategi pemasaran dimana seorang pebisnis memberikan penghargaan, diskon, cashback, dan lain sebagainya untuk customer.
Tujuannya untuk menjaga kesetiaan pelanggan agar tetap membeli produk atau menggunakan layanan kita secara berulang kali. Selain itu, untuk menarik perhatian calon klien baru.
Perusahaan menerapkan program ini demi keberlangsungan bisnisnya dalam jangka waktu panjang untuk tetap mempertahankan loyalitas dari customer. Seperti yang kita ketahui, bahwa pelanggan adalah salah satu kunci berkembangnya suatu bisnis.
Tanpa adanya pembeli, otomatis sebuah perusahaan tidak memiliki pemasukan. Jika terjadi hal seperti ini, maka kemungkinan besar bisnis tidak akan bertahan lama, bahkan terancam bangkrut.
Namun, untuk mempertahankan konsumen agar terus-menerus membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan tidaklah mudah. Semakin berkembangnya zaman maka persaingan di dunia bisnis bertambah sulit.
Maka dari itu, banyak perusahaan menysun rencana supaya usaha mereka tetap stabil agar tidak mengalami kebangkrutan. Salah satunya ya dengan program loyalty ini. Strategi tersebut bisa disebut cara yang efektif untuk menjaga dan mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap bisnis kita.
Manfaat Loyalty Program yang Harus Anda Ketahui
Bukan tanpa alasan suatu pelaku usaha menjalankan strategi yang satu ini. Hal tersebut karena mereka telah mengetahui dan merasakan manfaat dari loyalty program, seperti:
1. Dapat Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Customer
Manfaat loyalty program yang pertama adalah untuk membangun hubungan kuat dengan para klien. Sebab, dengan adanya strategi ini, Anda dapat memberikan kepuasan pada pelanggan.
Maka secara tidak langsung mereka akan memberikan nilai positif terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Perlu diketahui, bahwa keputusan pelanggan untuk melakukan transaksi bukan hanya dilihat dari harganya saja. Tetapi juga interaksi, nilai produk, dan pengalaman berbelanja.
2. Membesarkan Nama Perusahaan Secara Gratis
Jika klien merasa puas dengan loyalty program yang Anda terapkan, maka mereka akan sukarela membicarakannya pada orang lain. Contohnya seperti pada teman, saudara, dan lainnya. Nah, dari word of mouth atau penyebaran informasi dari ke mulut ke mulut ini loyalty program yang Anda tawarkan semakin terkenal.
Akibatnya, perusahaan Anda pun ikut populer dan makin dikenal oleh banyak orang. Jadi strategi pemasaran yang satu ini juga dapat menghemat biaya pastinya karena tidak mengeluarkan biaya.
3. Dapat Mempertahankan Customer Lama dan Menarik Customer Baru
Tujuan utama menjalankan strategi yang satu ini adalah untuk menjaga pelanggan yang sudah ada. Maka dari itu, ketika diterapkan dengan benar, maka klien akan selalu bertahan pada bisnis Anda. Hal ini karena mereka merasa kebutuhannya terpenuhi ditambah dengan keuntungan lainnya.
Selain itu, loyalty program juga dapat menggaet calon pelanggan Baru. Sebab, jika Anda mengaplikasikannya dengan menarik, biasanya audiens akan tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Berbeda Dan Lebih Menonjol Dari Kompetitor
Manfaat loyalty program yang selanjutnya adalah dapat membuat bisnis Anda berbeda dan menonjol dari pesaing. Di zaman sekarang, persaingan dunia bisnis semakin ketat. Jika tidak mampu membuat bisnis Anda berbeda, maka seiring berjalannya waktu akan kalah dengan kompetitor.
Oleh karena itu, Anda perlu membuat program loyalitas yang memiliki nilai lebih di mata konsumen. Hal tersebut juga bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan karena saling menguntungkan. Jadi peluang mendapatkan konsumen juga semakin banyak.
5. Dapat Meningkatkan Penjualan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa program loyalty dapat menjaga pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Hal ini karena mereka mendapatkan reward dari pembelian.
Jadi semakin banyaknya customer, maka penjualan juga akan bertambah. Itu sebabnya, Anda perlu mempraktekannya supaya perusahaan dapat terus berkembang.
Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat program loyalty yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pelaku usaha.
Kesimpulan
Untuk saat ini, melakukan promosi dan mempertahankan konsumen lama jauh lebih mudah daripada menarik konsumen baru. Hal ini karena mereka telah menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, sehingga bisnis sudah dikenali.
Pada pelanggan baru, program loyalitas dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan sebuah transaksi pembelian. Mereka cenderung lebih suka produk yang akan memberikan reward suatu hari nanti.
Itulah pentingnya loyalty program atau program loyalitas yang perlu Anda terapkan dalam perusahaan.
Nah, sekarang coba perhatikan, apakah toko online Anda sudah mengaplikasikan program tersebut? Jika belum, Anda bisa meminta bantuan kepada Studioweb untuk menerapkan program tersebut pada situs toko online Anda.
Segera hubungi kami untuk konsultasi sekarang juga!