Apakah Anda menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda? Mungkin Anda perlu tahu jenis postingan Facebook yang efektif untuk meningkatkan bisnis Anda. Facebook merupakan salah satu platform sosial media yang paling sering digunakan untuk promosi. Bukan tanpa alasan mengapa Facebook menjadi tempat promosi yang efektif, karena Facebook sendiri memiliki 1,79 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dimana Facebook merupakan platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia.
Promosi melalui platform media sosial yang satu ini adalah salah satu cara yang efektif karena Anda dapat menjangkau lebih banyak orang. Namun apakah Anda sudah menerapkan jenis postingan Facebook yang efektif meningkatkan bisnis? Jika Anda penasaran apa saja jenis postingan Facebook yang efektif untuk bisnis, mari langsung saja pelajari di bawah ini. Kami telah menyiapkan informasi tentang jenis postingan Facebook yang dapat meningkatkan merek sebuah bisnis.
Apa Saja Sih Jenis Postingan Facebook Yang Dapat Meningkatkan Bisnis?
Penasaran apa saja jenis postingan Facebook yang efektif untuk meningkatkan bisnis? Tenang saja karena berikut beberapa jenis postingan Facebook yang bisa Anda terapkan pada promosi bisnis Anda.
1. Postingan Interaktif
Jenis postingan Facebook yang dapat meningkatkan bisnis adalah postingan interaktif. Dimana Anda mengajak pengikut Anda berinteraksi dengan merek Anda melalui postingan yang Anda buat. Anda bisa membuat postingan apapun bahkan penawaran produk / layanan dengan disertai pertanyaan yang memungkinkan pelanggan menjawab.
Jenis postingan ini sangat membantu dalam membangun interaksi antara Anda dan pengikut Anda. Ini bagus karena dapat meningkatkan pengenalan merek, pengikut Anda bisa ikut berinteraksi dengan merek Anda dengan sangat mudah. Mereka bisa memberikan like atau bahkan berkomentar pada postingan Anda. Ini juga membuka peluang besar mendatangkan prospek berkualitas.
2. Postingan Informatif
Postingan yang memberikan informasi bermanfaat sangat di perlukan dalam meningkatkan bisnis. Ini dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda karena mereka akan mendapatkan informasi yang bermanfaat dari industri Anda. Postingan informatif juga memberitahu calon pelanggan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang mumpuni di industri Anda. Ini menunjukan bahwa Anda adalah bisnis yang profesional dalam bidang Anda.
Orang-orang senang dengan informasi-informasi terbaru karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan atau manfaat dari informasi tersebut. Jadi membuat postingan informatif pada akun Facebook bisnis Anda adalah ide yang cemerlang.
3. Postingan Gambar & Video
Gambar dan video merupakan jenis postingan Facebook yang sangat umum, namun jenis postingan ini memang sangat efektif dalam meningkatkan bisnis. Apabila Anda memposting gambar dengan tema yang menarik atau video yang dikemas dengan ide kreatif maka dapat menarik perhatian audiens target Anda.
Gambar maupun video juga mampu meningkatkan interaksi dengan audiens. Anda bisa memposting gambar produk / layanan yang dikemas dengan menarik
4. Postingan Promosi Konten
Jenis postingan yang juga berpengaruh pada peningkatan minat audiens adalah postingan promosi konten. Anda bisa memposting konten berupa postingan blog, webinar, ebook, bahkan podcast. Ini sangat berpengaruh terhadap minat audiens Anda, mereka bisa mendapatkan informasi penting yang Anda bagikan dari konten blog Anda. Atau mereka bisa mendapatkan ebook yang mereka butuhkan dan juga mengikuti seminar online yang bermanfaat bagi mereka.
5. Postingan Infografis
Infografis adalah jenis konten yang cukup efektif untuk menarik perhatian audiens Anda. Anda bisa menggunakan konten inforgrafis untuk menyampaikan pesan dan pastikan Anda menyertakan logo Anda. Karena apabila Anda menyertakan logo pada konten inforgrafis akan sangat membantu dalam pengenalan merek.
Perlu Anda ketahui bahwa inforgrafis merupakan konten visual yang juga di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan mereka mereka. Ini juga efektif di jalankan oleh para UKM yang ingin meningkatkan citra merek. Jadi jangan ragu untuk menggunakan infografis dalam promosi Anda.
6. Postingan Review dan Testimonial
Dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan memberikan bukti bahwa produk / layanan Anda berkualitas. Anda bisa membuat postingan review atau testimoni positif dari pelanggan sebelumnya. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli Anda.
Bagi sebagian orang review / testimoni sangat penting dalam memutuskan membeli sebuah produk. Mereka akan mencari tahu apakah produk / layanan Anda memiliki kualitas terbaik atau tidak dengan melihat review dari pelanggan Anda sebelumnya. Itu mengapa menyajikan postingan review akan sangat membantu mereka memutuskan membeli dan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
7. Postingan Berita dan Trending
Anda juga bisa membuat postingan Facebook dengan tema berita atau hal-hal yang sedang trending saat ini. Misalnya saja pada pandemi seperti saat ini, Anda bisa membuat postingan yang mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Tentunya dengan tetap menyertakan merek Anda disana.
Ketika Anda aktif dalam menyajikan postingan yang tranding dengan dikemas sesuai merek Anda akan sangat membantu meningkatkan visibilitas merek Anda. Merek Anda juga akan dianggap sebagai bisnis yang selalu uptodate dengan berita yang sedang trending yang sedang terjadi.
Nah itu lah beberapa jenis postingan Facebook yang bisa Anda terapkan pada pemasaran bisnis Anda melalui Facebook. Terapkan dengan strategi yang benar untuk menghasilkan prospek yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Mungkin Anda juga membutuhkan beberapa Informasi berikut: