Memiliki usaha konstruksi yang sudah berdiri cukup lama tapi branding di internet masih cukup lemah? Branding di dunia online sekarang menjadi salah satu bagian penting untuk memaksimalkan peluang mendapatkan proyek-proyek baru untuk jasa konstruksi.
Terlebih lagi sekarang persaingan semakin ketat, perusahaan yang mampu membuktikan kredibilitasnya di internet punya peluang yang lebih baik untuk menerima proyek-proyek baru. Namun, Anda sendiri mungkin sudah membuktikannya memulai promosi di internet nyatanya memang tidak semudah yang diucapkan.
Katakanlah Anda ingin membuat para pelanggan tahu dengan kehebatan jasa konstruksi Anda, maka pertama-tama kita butuh media untuk promosi terlebih dahulu.
Sebagai permulaan Anda bisa menjawab pertanyaan di bawah, supaya nantinya lebih mudah merencanakan kebutuhan promosi usahanya:
- Apakah saat ini perusahaan konstruksi Anda sudah memiliki website?
- Apakah Anda pernah mendengar promosi dengan SEO?
- Pernahkah perusahaan Anda mencoba mengiklankan website?
Jika semua pertanyaan di atas ternyata jawabannya “Belum”, berarti ada masalah dengan cara promosi Anda di internet. Namun, jika ada salah satu di antaranya yang ternyata “Sudah”, berarti tinggal menyesuaikan sisanya. Silahkan simak penjelasan di bawah, kita akan bongkar bagaimana solusi untuk mempromosikan
Jasa Digital Marketing untuk Bisnis Konstruksi di Indonesia
Untuk mempromosikan layanan Anda di internet, maka Anda membutuhkan media. Dari sekian banyaknya opsi yang adakami merekomendasikan untuk mulailah dulu dari bikin website.
Kenapa website?
- Terlihat lebih profesional dan meyakinkan
- Tampilannya rapi dan muda dipelajari (bagi calon pelanggan)
- Bisa diakses oleh semua orang
- Pengembangan jangka panjang yang lebih baik
Nantinya bisa dikembangkan untuk penerapan metode promosi Google Ads hingga SEO. Studio Web menyediakan jasa pembuatan website kontraktor.
Kami memberikan solusi untuk perusahaan-perusahaan jasa konstruksi di Indonesia yang ingin membuat website sebagai company profile online. Ini bisa menjadi referensi bagi pelanggan Anda yang ingin memilih kontraktor, mempertimbangkan kualitas layanan, portofolio pekerjaan, dan lain sebagainnya.
Ya, membuat website adalah langkah awal untuk menerapkan strategi promosi digital marketing untuk usaha jasa konstruksi. Ingat langkah awal, berarti masih ada tahapan lebih lanjut yang perlu Anda lalui untuk terus meningkatkan branding dan menjangkau calon pelanggan potensial secara online.
Metode Digital Marketing Apa yang Tepat untuk Jasa Konstruksi?
Jika Anda sudah memiliki website, maka kita bisa mendiskusikan dua metode promosi yang cukup potensial untuk dicoba. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Paid Ads (Iklan Berbayar)
Ads solusi mengenalkan perusahaan Anda dengan iklan berbayar. Dari sekian banyaknya tempat untuk beriklan kami menilai Google adalah salah satu pilihan yang tepat. Karena sebagian besar orang saat ingin mencari kontraktor profesional mereka lebih cenderung mencarinya di Google, biasanya posisi pencarian di halaman pertama punya kemungkinan lebih tinggi untuk diklik.
Nah, dengan bantuan Google ads ini Anda bisa mempromosikan usaha jasa konstruksi secara instan. Maksud dari instan di sini prosesnya lebih cepat, tinggal pilih paket iklan yang ingin digunakan dan berapa lam waktu beriklan.
Baca juga: 6 Fakta Unik dan Manfaat Google Ads Bagi Bisnis
Layanan digital marketing seperti Studio Web memberikan berbagai pilihan paket jasa google ads yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan google ads, website Anda bisa muncul di halaman pertama dalam waktu singkat tapi secara acak (random).
Satu lagi, setiap ada klik yang masuk ke website Anda itu berbayar. Saldo diambil dari budget iklan yang sudah ditentukan sebelumnya. Lebih kurang penjelasannya seperti itu.
Kelebihan:
- Instan dan lebih cepat
- Bisa lebih mudah mengatur lokasi penayangan
- Ada potensi tayang di halaman pertama lebih cepat (meskipun random)
- Mengatur fokus konversi atau maksimalkan jumlah klik
Kekurangan:
- Per klik-nya berbayar, sehingga saldo harus terus diisi jika ingin tayang
- Biaya per klik kadang sangat tinggi
- Penayangan random
2. SEO
Selanjutnya, adalah metode digital marketing dengan SEO. Berbeda dengan iklan yang per klik-nya berbayar, metode SEO ini per klik-nya gratis tapi ini tidak instan. Prosesnya sendiri bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang.
Ada banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari kondisi website, jumlah konten di dalamnya, backlink yang mengarah ke website anda dan persaingan dari kata kunci itu sendiri.
Baca juga: Ini Keuntungan Melakukan SEO Marketing!
Sebagai contoh Anda ingin memfokuskan ke kata kunci “Jasa konstruksi rumah”, persaingan untuk kata kunci ini sangatlah tinggi.
Untuk website yang baru dibuat, mungkin Anda bisa memulai dari kata kunci yang lebih spesifik seperti “Jasa konstruksi rumah di Jakarta” atau wilayah lainnya sesuai dengana area layanan Anda.
Kelebihan:
- Menghemat biaya untuk jangka panjang
- Per klik tidak bayar
- Jika sudah di halaman satu biasanya menyeluruh tidak random
Kekurangan:
- Tidak Instan Dan Membutuhkan Waktu
- Risiko Perubahan Algoritma
- Pembuatan konten yang tidak original, pengeditan halaman yang terlau sering, dan perubahan tertentu bisa berdampak pada performa SEO
Manfaat Digital Marketing Usaha Jasa Konstruksi
Dengan menerapkan metode pemasaran digital untuk jasa konstruksi, maka ada beberapa benefit yang bisa Anda dapatkan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Anda bisa mempertimbangkannya sendiri melalui penjelasan berikut.
1. Berpotensi untuk Mendatangkan Proyek Baru
Goal utama dalam promosi usaha jasa konstruksi adalah masuknya proyek-proyek baru. Hal ini cukup memungkinkan karena sekarang area pemasaran Anda lebih luas dibandingkan dengan promosi melalui offline saja. Seiring berjalannya waktu branding juga ikut meningkat usaha konstruksi semakin dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.
2. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Pada Bisnis Anda
Informasi digital sekarang bisa mempengaruhi pandangan setiap orang terhadap suatu badan usaha. Jika perusahaan Anda memiliki web resmi, informasinya lengkap, penjelasannya juga informatif agaknya tentu calon pelanggan juga akan senang.
Pelanggan akan merasa “Yakin”, untuk mempercayakan proyek mereka kepada perusahaan Anda setelah melihat company profile dalam bentuk website.
3. Siap Bersaing dengan Kompetitor
Manfaat lain dari penerapan digital marketing pada bisnis konstruksi adalah adanya kesempatan untuk terus bersaing dengan kompetitor. Sekarang Anda bukan lagi pihak yang tertinggal, perkembangan zaman akan terus melaju pesat kemudahan pencarian kontraktor lewat online mungkin saja akan menjadi kebiasaan baru.
Karena Anda sudah bersiap lebih awal memiliki website resmi dan terus mengelolanya dengan baik serta mendukung promosi lewat ads dan SEO tentu peluang untuk mengalahkan kompetitor di luar sana semakin besar.
Itu dia penjelasan mengenai digital marketing untuk usaha jasa konstruksi. Jika perusahaan Anda membutuhkan layanan yang berkaitan dengan bidang ini silahkan bisa menghubungi admin Studio Web.