Cari Tahu Pengertian Landing Page & Manfaatnya Untuk Bisnis Anda Disini!

Apa itu pengertian landing page

Masih bingung dengan pengertian landing page dan manfaatnya untuk perkembangan bisnis? Tenang karena di artikel ini akan di kupas tuntas pengertian landing page dan manfaatnya bagi bisnis. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu landing page dan manfaatnya untuk situs web, Anda bisa meneruskan membaca artikel ini.

Tahukah Anda bahwa dalam dunia bisnis kesan pertama sangat penting karena memberikan dampak yang bagus pada bisnis Anda. Kesan pertama tidak hanya berlaku pada pertemuan fisik saja namun juga pada situs website. Pengunjung website akan menilai merek Anda pada kesan pertama yang mereka dapatkan dari merek online Anda.

Anda dapat menonjolkan nilai Anda kepada pengunjung dengan memberikan kesan pertama yang mengesankan dan menarik perhatian serta minat untuk membeli. Dengan demikian Anda akan lebih mudah meningkatkan prospek dan penjualan.

Nah lalu bagaimana cara memberikan kesan pertama yang mengesankan? Menyajikan landing page adalah cara paling efektif untuk memberikan kesan pertama yang mengesankan kepada audiens target Anda. Karena dalam berbagai kasus landing page menunjukan gambaran awal tentang merek Anda.

Apabila Anda melakukannya dengan baik yaitu dengan membuat landing page yang berisikan tentang informasi bermanfaat, memudahkan pengunjung mendapatkan apa yang mereka butuhkan serta memberikan wawasan tentang merek Anda. Cara ini dapat membantu meningkatkan prospek dan penjualan.

Pengertian Landing Page

Apa itu landing page mengapa begitu penting untuk bisnis online? Landing page atau halaman arahan adalah halaman yang terdapat pada website dengan didesain khusus untuk kontak pertama antara situs web Anda dan pengunjung. Ini memungkinkan audiens target mengklik iklan atau membuka halaman ini melalui hasil pencarian.

Mungkin disini Anda masih bingung antara landing page dan homepage, namun sebenarnya ada perbedaan besar yang menonjol antara keduanya. Perbedaan antara keduanya yaitu jika homepage membentuk struktur hierarki di situs web yang berupa Beranda, Tentang, dan lainnya. Halaman-halaman ini pada dasarnya berfungsi untuk navigasi situs web dan merupakan wawasan tentang merek Anda.

Sedangkan lading page mengacu ke sebuah halaman di situs web Anda yang pengunjung diarahkan melalui link internal dan link eksternal. Landing page merupakan halaman khusus pada situs web yang dibuat dengan satu fungsi yang spesifik. Anda wajib tahu bahwa landing page terdapat dua jenis yaitu:

  • Click-through landing pages – Jenis landing page ini dibuat dengan tujuan utamanya untuk menarik pengunjung untuk mengklik halaman lain. Biasanya jenis landing page ini dibuat pada E-Commerce. Pada halaman landing page ini biasanya dibuat dengan satu tombol untuk mengarahkan pengunjung melakukan tindakan membeli / mendaftar seperti “Pesan Sekarang” atau “Daftar Sekarang”
  • Lead generation landing pages – Sedangkan jenis landing page ini dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data calon pembeli. Landing page ini terdiri dari konten yang Anda tawarkan dengan disematkan formulir untuk mengumpulkan data pengunjung.

Manfaat Utama Landing Page Untuk Peningkatan Bisnis

Manfaat landing page

Jika landing page tidak memiliki manfaat bagi peningkatan bisnis mana mungkin para pemilik bisnis membuatnya bukan? Lalu apa saja manfaat landing page bagi bisnis? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mendatang Prospek Berkualitas Yang Berpeluang Mengkonversi

Manfaat utama dari landing page adalah untuk mendatangkan prospek yang berpeluang lebih besar mengkonversi. Perlu Anda ketahui bahwa landing page merupakan strategi pemasaran konten yang efektif dalam mendatangkan prospek berkualitas. Di halaman ini pengunjung dapat memutuskan untuk membeli dengan menekan tombol yang di sediakan.

Landing page adalah halaman web yang memudahkan pengunjung untuk melakukan konversi dengan proses yang otomatis. Ini memudahkan mereka menetapkan tindakan yang jelas dalam mengambil tindakan tertentu.

Dengan landing page Anda juga bisa mendapatkan data base dari pengunjung Anda yang nantinya bisa Anda follow up untuk dijadikan pelanggan. Cara ini cukup efektif karena konsumen yang secara langsung di follow up dengan di berikan penawaran akan lebih tertarik membeli.

2. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Dalam Iklan Berbayar

Tahukah Anda bahwa menggunakan landing page dalam iklan berbayar lebih efektif dan efisien? Anda bisa menggunakan landing page untuk iklan Google maupun iklan Facebook. Dengan menggunakan landing page tampilan iklan lebih profesional dan memudahkan pengunjung untuk melakukan tindakan berikutnya. Misalnya menghubungi Anda atau mengirim data mereka.

Ketika pengunjung iklan di mudahkan dalam melakukan tindakan maka mereka akan lebih mudah mengkonversi. Yang pada akhirnya mereka dapat menghubungi Anda untuk membeli. Jadi landing page sangat efektif dalam mendatangkan prospek berkualitas dalam menjalankan iklan berbayar.

3. Mendapatkan Data Base Pengunjung

Manfaat lain dari memiliki landing page adalah memudahkan Anda mendapatkan data base pengunjung. Pada umumnya landing page di buat dengan menyerantakan fitur untuk mengisi data diri seperti nama dan email. Ketika pengunjung memasukkan email mereka, ini artinya Anda telah mendapatkan data berharga yang dapat di jadikan senjata dalam promosi produk / layanan Anda.

Setelah Anda mendapatkan email pengunjung, Anda bisa melakukan promosi produk / layanan melalui pemasaran email untuk memberikan menawarkan kepada mereka. Cara ini cukup efektif untuk menarik minat beli dari audiens target Anda.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Landing page juga dapat meningkatkan kredibilitas merek karena di buat khusus dengan tujuan tertentu untuk pengguna. Ketika sebuah merek memberikan konsumen kemudahan akses untuk mencapai tujuan mereka maka tingkat kepercayaan mereka pun meningkat. Mereka menganggap merek Anda jelas karena mampu memberikan solusi terhadap masalah mereka.

Untuk meningkatkan kredibilitas merek, Anda juga bisa memasukkan testimonial pada landing page Anda untuk produk / layanan Anda. Dengan menunjukan kepuasan pelanggan lain akan semakin meningkatkan kepercayaan calon pelanggan Anda terhadap merek Anda. Ini juga membuat mereka merasa aman melakukan pembelian dengan merek Anda.

5. Memberikan Kesan Pertama Yang Mengesankan Pada Audiens Target

Seperti yang sudah tahu bahwa landing page merupakan halaman web yang menjadi pintu utama bisnis Anda. Landing page yang di buat dengan baik yang memberikan manfaat bagi pengunjung serta menawarkan kemudahan kepada mereka, misalnya saja dengan tombol “Beli Sekarang”.

Ketika seorang pengunjung di sajikan dengan akses yang memudahkan mereka mendapatkan apa yang di butuhkan maka mereka tidak akan menunda untuk menghubungi Anda. Dan landing page adalah cara terbaik untuk memberikan kesan pertama yang mengesankan tentang merek Anda. Karena pengunjung dapat dengan mudah menuju apa yang menjadi tujuan mereka.

Nah itulah penjelasan tentang pengertian landing page, jenis-jenisnya, perbedaan landing page dan homepage dan juga manfaatnya untuk bisnis. Jika Anda ingin membuat landing page yang dapat meningkatkan konversi silahkan Anda menggunakan jasa pembuatan landing page dari Studio Web.

Apabila Anda ingin belajar membuat landing page Anda juga bisa kursus landing page di Studio Web. Karena kami melayani pembuatan dan kursus landing page untuk membantu meningkatkan bisnis Anda. Untuk memesan layanan kami, silahkan langsung saja hubungi kami.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!