Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic & Konversi Menggunakan SEO Lokal? Sekarang ini sangat penting untuk meningkatkan SEO lokal Anda, karena lebih dari 46% dari semua pencarian mesin pencari sekarang lokal, karena mereka lebih sering menambahkan istilah seperti “dekat saya” atau “terdekat” di mesin pencari dengan harapan dapat menemukan bisnis lokal. Misalnya saja mencari butik terdekat bahkan restoran terdekat, mereka ingin menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan seefisien mungkin menggunakan mesin pencari.
Orang-orang yang mencari bisnis lokal akan cenderung mengunjungi salah satu situs website yang ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian. Karena situs web yang di tampilkan di halaman satu hasil pencarian dianggap sangat lokal. Dengan melakukan strategi SEO lokal secara benar dapat meningkatkan lalu lintas dan konversi. Jika Anda ingin situs website Anda muncul di depan para audiens target Anda, maka Anda harus melakukan strategi SEO lokal yang kuat.
Untuk membantu Anda dalam melakukan SEO lokal secara tepat, Anda dapat membaca cara meningkatkan traffic & konversi menggunakan SEO lokal disini hingga selesai!
Apa Itu SEO Lokal?

SEO Lokal merupakan strategi SEO yang diterapkan pada situs website untuk membantu situs website Anda muncul di halaman satu hasil pencarian lokal Google. Sederhananya SEO lokal merupakan pengoptimalan kehadiran online yang bertujuan untuk menghasilkan Traffic dari pencarian lokal. Apabila Anda memiliki toko atau kantor yang berlokasi di Bandung atau Anda menyediakan layanan yang melayani daerah Banding, maka Anda dapat menerapkan SEO lokal pada bisnis Anda.
Jika Anda memiliki bisnis dan hanya menawarkan produk atau layanan ke area yang terbatas, SEO lokal dapat membantu Anda untuk memberi tahu ke pelanggan bahwa Anda dekat dengan mereka. Tujuan utama dari SEO lokal adalah membuat situs website Anda muncul di hasil pencarian yang dilakukan oleh orang lokal atau orang yang dekat dengan usaha Anda atau mencari hal-hal yang Anda tawarkan.
Saat ini para pengguna Google lebih tertarik dengan pencarian lokal, untuk menjangkau mereka Anda perlu untuk menerapkan SEO lokal pada situs web Anda. Apabila Anda tidak fokus terhadap peningkatan SEO lokal Anda, maka Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mengarahkan jumlah penjualan yang diharapkan. Jika Anda ingin melakukan SEO lokal dengan cara yang tepat, Anda bisa membaca dibawah ini cara meningkatkan SEO lokal Anda.
1. Menyusun Daftar Kata Kunci
Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menerapkan SEO lokal Anda adalah dengan menyusun daftar kata kunci. Sehingga Anda dapat menjangkau orang-orang di daerah Anda untuk bisa menemukan Anda di hasil pencarian Google. Anda dapat memikirkan tentang apa yang sebenarnya mereka cari terkait dengan produk atau layanan Anda. Anda harus melakukan penelitian kata kunci, dimana ini adalah proses menyoroti istilah atau kata kunci pencarian yang tepat untuk bekerja dan melacaknya.
Dengan menyusun daftar kata kunci yang relevan terkait dengan pencarian bisnis lokal Anda, maka dapat membantu meningkatkan situs website Anda. Jadi, mencari tahu tentang istilah atau kata kunci yang tepat adalah langkah penting dalam kampanye pengoptimalan yang berfokus pada SEO lokal Anda.
2. Cara Melakukan Penelitian Kata Kunci
Sebelum Anda melakukan SEO lokal pada situs web Anda, ada baiknya Anda mempersiapkan cara melakukan penelitian kata kunci yang tepat. Anda harus memahami terlebih dahulu terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan dan dalam bidang apa Anda menawarkannya. Apakah bisnis Anda sebuah kafe atau restoran atau sebuah bengkel mobil di Jakarta? Anda dapat memikirkan semua kata kunci atau frasa relevan yang sering digunakan oleh pelanggan ketika mereka mencari terkait dengan apa yang Anda tawarkan.
Jika Anda selesai melakukannya, berikutnya Anda dapat melakukan kegiatan teknis tambahan untuk melengkapi daftar ini. Apabila Anda menggunakan alat Google Search Console untuk melihat perkembangan situs website Anda, maka Anda memiliki akses untuk melihat informasi hasil pencarian yang diajukan di bawah ‘Performance’
Di alat ini Anda dapat melihat kata kunci pencarian yang mengarahkan lalu lintas ke situs website Anda. Dengan melihat informasi dari alat ini Anda dapat menemukan ide yang sangat bagus tentang kinerja situs website Anda sekarang, ini memungkinkan Anda menghasilkan lebih banyak kata kunci tambahan yang bisa Anda lacak.
Alat Google lain yang dapat membantu Anda untuk memilih kata kunci yang relevan adalah Google Keyword Planner. Dengan alat ini Anda dapat mengetahui volume pencarian atau jumlah pencarian dari rata-rata kata kunci selama periode waktu tertentu. Dengan informasi ini Anda dapat menentukan kata kunci mana yang ingin Anda optimalkan untuk situs website Anda.
Anda juga dapat menggunakan SEMrush untuk melacak kinerja kata kunci dan keberhasilan kampanye Anda. Anda dapat memasukkan kata kunci untuk dilacak apakah kata kunci meningkatkan atau menurun setiap hari. Bahkan Anda juga bisa melacak kata kunci untuk pencarian dalam area tertentu. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang hanya tertarik pada audiens target geografis.
3. Mengoptimalkan Situs Website
Tujuan utama dari penerapan SEO lokal adalah untuk menampilkan situs website Anda di halaman depan hasil pencarian untuk area Anda. Untuk melakukannya Anda perlu memastikan bahwa Google tahu dimana Anda berada. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengoptimalkan situs website, tetapi yang paling mudah untuk memulai adalah dengan memperhatikan tag judul, Heading dan meta deskripsi.
Jada, mengapa ini penting? Karena Tag Heading di gunakan untuk mengatur teks pada halaman Anda berdasarkan prioritasnya. Penggunaan Heading 1 berlaku untuk judul halaman, karena Heading 1 merupakan bagian pertama dari teks yang harus di baca oleh mesin pencari. Selain Heading 1 bagian yang tidak kalah penting adalah Heading 2, H2 di gunakan untuk memecah teks menjadi beberapa bagian. Sedangkan Heading 3,4 dan seterusnya juga memiliki fungsinya masing-masing. Untuk lebih mudahnya Anda baca Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly.
Menggunakan Heading merupakan cara terbaik untuk mengarahkan Google dalam membaca halaman web selama proses pencarian. Google akan membaca melalui Heading 1 kemudian H2 dan seterusnya. Penggunaan Heading pada konten Anda sangat baik untuk SEO lokal Anda karena dapat memasukan area Anda ke konten Anda. Ini akan memastikan bahwa Google membaca Heading Anda terlebih dahulu, sehingga Google dapat mengetahui halaman web Anda relevan dengan area lokal Anda.
4. Judul dan Deskripsi Meta
Judul meta merupakan bagian dari HTML yang di tampilkan halaman web Anda di hasil pencarian mesin pencari di situs eksternal dan di browser. Ini dapat Anda manfaatkan untuk maju dengan SEO lokal Anda. Manfaat dari judul meta adalah untuk mengiklankan halaman web Anda ke audienst target Anda dan juga memberi tahu Google Bahwa halaman web Anda relevan. Audiens target Anda dan mesin pencari mengharapkan judul meta Anda berisi deskripsi singkat dari konten Anda sehingga mereka dapat mengetahui bahwa konten Anda adalah yang terbaik untuk mereka.
Ketika Anda membuat judul meta, pastikan bahwa Anda membuatnya untuk menarik bagi pembaca Anda tidak hanya menarik bagi mesin pencari. Ketika Anda membuat judul meta Anda perlu memasukkan kata kunci yang Anda targetkan dan deskripsi singkat dari halaman website Anda untuk ditampilkan di hasil pencarian. Anda perlu menggabungkan dua faktor ini untuk menghasilkan meta title yang memiliki peringkat tinggi dan menarik bagi audiens sehingga mereka mengklik.
Deskripsi Meta merupakan teks yang mencadangkan judul meta Anda ketika di tampilkan di hasil pencarian. Hal ini juga penting untuk menggambarkan konten Anda relevan sehingga mengundang pembaca potensial untuk mengunjungi situs web Anda.
Jika panjang judul meta itu terbatas, deskripsi meta tidak terbatas, namun Google hanya akan menampilkan teks tidak lebih dari 160 karakter. Ini artinya saat Anda membuat deskripsi meta, Anda harus lebih teliti untuk memastikan bahwa seluruh teks deskripsi Anda dapat di tampilkan dengan baik oleh Google.
5. Membuat Konten Dengan Tema Lokal
Jika Anda ingin situs website Anda kuat, maka Anda harus memiliki bagian blog, terutama untuk memposting konten baru yang berkaitan dengan bisnis Anda. Atau bisa juga menawarkan lebih banyak bagian mendalam tentang industri Anda. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic dan konversi menggunakan SEO lokal. Anda dapat menunjukkan kepada pengunjung situs website Anda bahwa bisnis Anda asli dan tahu apa yang di bicarakannya.
Untuk menjadikan situs web Anda semakin kuat, Anda harus menjaga blog Anda dengan memperbarui secara rutin dan konsisten. Ketika pengunjung melihat blog yang selalu diperbarui, maka mereka menganggap bisnis Anda masih beroperasi. Blog yang ada di situs web Anda tidak harus berisi khusus tentang industri bisnis Anda, tapi juga Anda dapat menulis artikel yang bermanfaat bagi audiens target Anda. Pastikan bahwa konten yang Anda tulis mengandung kata kunci yang Anda targetkan untuk bisnis lokal Anda.
6. Dorong Dengan Ulasan di Google
Banyak dari pemilik bisnis lokal tidak menyadari bahwa ulasan sangat berpengaruh terhadap SEO . Google akan menggunakan data ini untuk menilai situs website Anda apakah dapat percaya atau tidak berdasarkan dengan pengalaman dari pengguna Anda. Jika Anda menerima ulasan positif dari pengguna, maka google dapat menampilkan situs web Anda dalam hasil pencarian untuk meningkatkan pengalaman pencari.
Jadi, Anda perlu untuk melakukan yang terbaik untuk meningkatkan jumlah ulasan positif dengan mengincar bintang 5 tersebut. Jika Anda memiliki banyak ulasan positif, maka skor Anda akan semakin sah dan Google akan menjadikan Anda sebagai sumber informasi yang terpercaya. Sehingga situs website Anda dapat di tampilkan lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.
Apabila Anda memiliki banyak ulasan positif, maka Anda perlu untuk menanggapinya. Dengan menanggapi ulasan dari pengguna Anda dapat menunjukkan Anda untuk terlibat secara aktif dengan pelanggan Anda, ini juga akan membantu meningkatkan SEO lokal Anda. Anda dapat menanggapi ulasan dari pelanggan seperti mengucapkan terimakasih atas ulasan yang baik, dan Anda juga dapat menanggapi ulasan yang negatif, ini akan membantu Google untuk melihat bahwa Anda perduli dengan komunitas Anda. Sehingga ini dapat membantu untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian.
7. Daftar Google Bisnisku
Alat yang paling berharga dalam SEO lokal adalah Google My Business yang merupakan penawaran bergaya direktori gratis yang dapat membantu bisnis Anda mendapatkan visibilitas di Google pencarian dan Google Maps. Anda perlu mendatarkan bisnis Anda di Google My Business, cara mendaftarkan nya pun sangat sederhana dan mudah. Google akan mengirimkan pos ke alamat bisnis terdaftar untuk memvertivikasi bahwa Anda adalah perwakilan perusahaan. Setelah Anda menerima verifikasi Anda perlu menambahkan kode verifikasi Anda ke Google Bisnisku dan kemudian listing Anda akan menjadi milik Anda.
8. Mengoptimalkan Media Sosial
Apapun bisnis Anda, media sosial dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan visibilitas online Anda. Dengan menggunakan cara yang tepat, media sosial dapat meningkatkan paparan lokal Anda. Anda dapat menggunakan berbagai akun media sosial untuk meningkatkan SEO lokal Anda terutama Facebook, Twitter dan Pinterest.
Dengan manfaatkan Facebook Anda dapat menambahkan alamat bisnis Anda, situs website dan juga kontak Anda, ulasan dari Facebook juga dapat di sinkronkan di Google My Business. Sedangkan Twitter dapat membantu Anda dalam menjangkau audiens target Anda secara akurat. Karena Twitter akan menyarankan sebuah akun untuk diikuti berdasarkan geografisnya. Memanfaatkan media sosial Pinterest akan membantu orang-orang menemukan gambar dari bisnis lokal Anda.
Untuk meningkatkan SEO lokal Anda melalui media sosial, Anda perlu menulis konten berbasis lokal dan membagikannya di sana. Ini akan membuat pelanggan Anda tahu siap Anda dan di mana Anda berada. Bisnis yang secara aktif di media sosial dapat mendorong pelanggan untuk menghubungi atau melakukan pembelian produk atau layanan Anda.
9. Google Maps di Halaman Kontak
Cara meningkatkan SEO lokal Anda selanjutnya adalah dengan memiliki Google Maps di halaman kontak Anda. Memiliki Google Maps di halaman kontak Anda dapat membantu untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda. Lagi pula dengan menawarkan lokasi yang jelas dan terlihat dapat membantu pelanggan potensial Anda secara mudah untuk menemukan Anda. Dan juga dapat mengirimkan sinyal kepada Google untuk memberi tahu mereka Anda berada.
Ketika audiens target Anda melakukan pencarian terlokalisasi maka Google akan menampilkan situs website Anda di depan mereka. Karena Google dapat dengan jelas mengidentifikasi alamat fisik Anda sehingga akan memunculkan bisnis Anda ketika orang mencarinya. Manfaat memiliki Google Maps pada kontak Anda adalah membantu mengarahkan lalu lintas potensial ke situs website Anda dari pencarian yang relevan.
Itulah beberapa cara meningkatkan traffic dan konversi menggunakan SEO lokal yang dapat Anda praktikan untuk bisnis lokal Anda. Melakukan SEO lokal dapat membantu bisnis Anda di temukan oleh orang-orang di area dan dapat menjadikan mereka sebagai pelanggan Anda.
Butuh Bantuan Ahlinya?
Anda telah mengetahui cara meningkatkan traffic dan konversi menggunakan SEO lokal. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan SEO lokal sendiri, Anda dapat mempercayakan kegiatan SEO lokal Anda kepada kami. Kami siap untuk membuat bisnis Anda terlihat dan mudah di temukan oleh audiens target Anda di area Anda. Kami ahli dalam melakukan SEO lokal, jadi Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi jasa SEO kami sekarang!