Jangan pernah membandingkan kesuksesan perusahaan Anda dengan perusahaan orang lain. Karena setiap perusahaan itu berbeda, strategi pemasaran online yang sukses menghasilkan banyak penjualan akan membutuhkan pendekatan yang tepat yang disesuaikan. Jika Anda melihat perusahaan lain melakukan strategi pemasaran online dan sukses, bukan berarti akan sukses jika di terapkan untuk perusahaan Anda, apalagi jika bidang usahanya sangat berbeda dengan bidang usaha Anda.
Maka dari itu harus menggunakan strategi pemasaran online yang disesuaikan dengan bisnis Anda. Ini bukanlah tugas yang mudah bagi seseorang yang baru saja meluncurkan bisnis online untuk memilih strategi pemasaran online yang tepat. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kami telah menyiapkan tips cara memilih strategi pemasaran online yang tepat untuk bisnis Anda. Anda dapat membaca tulisan ini hingga akhir supaya Anda dapat melakukan strategi pemasaran online dengan tepat.
Sebagian besar kegiatan pemasaran online seperti SEO mudah beradaptasi dan memiliki fleksibilitas untuk melakukan penyesuaian strategi pemasaran online dari tahun ke tahun. Disini kami akan membantu untuk membuat tugas Anda sedikit lebih mudah dengan 7 pertanyaan untuk membantu Anda menemukan pendekatan yang tepat untuk bisnis Anda.
Berapa Anggaran Anda?
Jika Anda membatasi anggaran untuk melakukan strategi pemasaran online, mungkin Anda akan sulit untuk sukses. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah lama bahwa “Anda perlu mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang”. Anda harus tahu bahwa ini merupakan investasi di masa depan bisnis Anda. Anda dapat menyiapkan Anggaran untuk strategi pemasaran online bisnis Anda untuk biaya iklan Google, iklan media sosial atau untuk menyewa jasa SEO untuk mengoptimasi situs web Anda.
Siapa Target Pasar Anda?
Bisnis online yang sukses adalah bisnis yang tepat menentukan target pasarnya. Target pasar adalah elemen terpenting dalam strategi pemasaran online yang akan Anda lakukan. Jika Anda menggunakan strategi pemasaran online untuk mempromosikan produk atau layanan Anda ke bisnis ke bisnis. Maka akan sangat berbeda dengan strategi pemasaran online bisnis ke konsumen. Cara Memilih Strategi Pemasaran Online yang Tepat Untuk Bisnis Anda, Anda harus menelusuri lebih jauh mulai dari demografi seperti jenis kelamin, umur, lokasi, pendapatan, profesi, dan lain sebagainya. Melakukan hal ini akan sangat penting untuk membantu Anda memilih strategi pemasaran online apa yang Anda sesuai dengan bisnis Anda.
Di manakah Target Pasar Anda?
Jika Anda telah menentukan siapa audiens target Anda. Maka kini saatnya Anda mencari tahu dimana mereka nongkrong online dan menggunakan media apa. Jika audiens target Anda lebih menyukai berinteraksi menggunakan platform media sosial. Anda harus mendedikasikan waktu lebih banyak dan sumber daya untuk media sosial dengan mencoba mendorong keterlibatan dan interaksi. Serta menjalankan promosi lebih dekat dengan audiens, melakukan survey, posting atau share konten Anda dan lain sebagainya.
Produk Atau Layanan Apa yang Anda Tawarkan?
Anda harus tahu bahwa strategi pemasaran online produk atau layanan A dan B itu berbeda. Mungkin produk atau layanan A memiliki target pasar yang berbeda dengan produk atau layanan B. Sehingga jika Anda memiliki produk atau layanan A maka tidak akan sesuai dengan pemasaran online produk atau layanan B. Apabila Anda menjual produk atau menawarkan layanan dengan menargetkan audiens di seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Maka Anda dapat menggunakan strategi pemasaran online SEO atau pemasaran media sosial yang dapat menjangkau khalayak luas.
Apa Strategi Pemasaran Anda Saat Ini?
Apakah saat ini Anda telah memiliki strategi pemasaran bisnis Anda? Jika Anda telah memilikinya. Maka ini adalah waktu yang tepat untuk menganalisis strategi pemasaran online Anda apakah strategi Anda berhasil atau malah tidak sama sekali. Dari hasil analisis Anda, di situ Anda akan menemukan jawabannya, apakah Anda perlu mengubah rencana pemasaran sepenuhnya atau hanya melakukan perbaikan. Perlu Anda ketahui ketika Anda sedang mengevaluasi pemasaran online seperti SEO, untuk melihat hasilnya akan membutuhkan waktu. Biasanya waktu yang di butuhkan untuk melihat hasil dari SEO kurang lebih 30 hari.
Apa Tipe Strategi Anda?
Tipe strategi pemasaran online sangat penting karena ini sangat mempengaruhi pemasaran bisnis Anda. Jika Anda ingin bisnis Anda menjangkau pasar lokal, Maka Anda dapat memasukkan sebagian besar anggaran Anda kedalam strategi pemasaran pencarian lokal yang dapat menargetkan kata kunci lokal. Tapi jika Anda mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens internasional, maka Anda bisa menggunakan strategi SEO yang lebih luas dan relevan.
Berapa Banyak Waktu yang Anda Butuhkan?
Jika Anda baru saja meluncurkan situs website, bukan berarti situs web Anda akan langsung berada di posisi tertinggi mesin pencari. Beberapa strategi pemasaran online seperti SEO dan pemasaran konten mungkin membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil. Tapi jika Anda ingin situs web Anda lebih cepat menghasilkan, maka Anda dapat menggunakan strategi iklan PPC seperti Google AdWords atau iklan Facebook Ads. SEO memang membutuhkan waktu lebih lama jika di bandingkan dengan iklan PPC untuk menghasilkan, tetapi SEO akan lebih hemat biaya dan juga investasi untuk jangka panjang.
Dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, kini Anda mengetahui lebih jelas tentang siapa yang Anda targetkan dan bagaimana Anda bisa menjangkau audiens Anda dan dapat merencanakan pemasaran online Anda. Studio Web adalah penyedia jasa SEO terbaik yang menawarkan layanan lengkap mulai dari konsultan SEO, SEO Copywriter da juga pengembangan situs website. Jika Anda tertarik dengan layanan digital marketing kami dan ingin mengetahui informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon di 0877-3352-7474.