Cara Ampuh Branding Produk Melalui Media Sosial

Cara Branding Produk Melalui Media Sosial

Ada cara ampuh membangun branding produk di media sosial yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Era digital memudahkan bisnis dalam menyampaikan pesan kepada konsumen dengan cara menyajikan konten yang relevan. Orang-orang dapat dengan mudah mengenal merek sebuah bisnis melalui internet baik melalui platform media sosial maupun mesin pencari.

Sudah menjadi rahasia umum jika media sosial merupakan platform digital yang cukup efektif untuk membangun brand produk / bisnis. Ada banyak jenis platform media sosial yang dapat di gunakan untuk membangun branding produk. Asalkan Anda melakukannya dengan benar maka dapat memberi keuntungan bagi bisnis Anda.

Nah untuk membantu Anda melakukan branding produk melalui media sosial, kami telah menyiapkan tips dan trik yang dapat di terapkan pada bisnis Anda.

1. Pilih Platform Sosial Media Yang Tepat

Didunia ini ada banyak sekali platform sosial media, jadi pastikan Anda memilih platform media sosial yang tepat untuk bisnis Anda. Karena menggunakan semua sosial media bukan ide yang bagus karena Anda tidak mungkin fokus pada puluhan sosial media dalam satu waktu. Itu mengapa Anda hanya perlu memilih beberapa sosial media yang akan menjadi fokus Anda.

Sosial media yang paling populer dan memiliki jutaan bahkan miliaran pengguna bisa menjadi referensi bagi Anda. Namun tetap pilihlah platform sosial media yang menjadi tempat nongkrong audiens target Anda. Facebook, Intagram, Linkedin dan Twitter merupakan sosial media yang memiliki banyak pengguna yang bisa Anda pertimbangankan.

2. Menyesuaikan Tampilan Dengan Merek Anda Pada Setiap Platform

Setiap platform media sosial memang memiliki tampilan yang berbeda-beda namun untuk lebih memudahkan audiens target mengenal merek Anda maka usahakan konsisten dalam penggunaan tema dan konten. Biasanya orang yang memakai platform Facebook juga memakai platform Instgram dan Twitter. Oleh karena itu konsisten terhadap tema dan konten pada setiap platform yang digunakan dapat membantu audiens target mengingat merek Anda.

Anda bisa membuat akun sosial media dengan tema yang sesuai dengan merek Anda, misalnya saja dari segi warna, desain dan lain sebagainya. Anda bisa menyertakan logo perusahaan di akun media sosial untuk lebih memudahkan audiens target mengingat merek Anda. Ini cara yang cukup efektif dalam membangun branding produk di media sosial. Jika Anda membutuhkan bantuan seorang desain grafis online untuk membuat logo bisa langsung menghubungi tim kami.

3. Menggunakan Konten Visual Yang Relevan dan Shareable

Saat ini konten visual lebih efektif karena lebih menarik minat audiens target. Anda bisa menyajikan konten yang memberikan manfaat bagi audiens target misalnya dengan konten yang menghibur, memberi edukasi, dan juga solusi dari masalah audiens target Anda. Anda dapat mengemas konten visual dengan unik dan sesuai dengan bisnis Anda supaya tetap mengidentifikasi merek Anda.

Yang tidak kalah penting dalam pembuatan konten yaitu membuat audiens Anda tertarik untuk membagikan konten Anda kepada teman, saudara maupun kerabat mereka di media sosial. Jika Anda mampu menyajikan konten yang memberi manfaat bagi pengikut Anda akan sangat membantu membangun reputasi bisnis Anda.

4. Fast Respon Terhadap Tanggapan Audiens (Komentar / Pesan)

Pelanggan akan menganggap bisnis adalah bisnis yang peduli terhadap pelanggannya jika Anda memberikan respon positif terhadap orang-orang yang berkomentar di postingan Anda atau mengirim pesan. Dengan membalas komentar dan pesan dari pengikut Anda, mereka merasa bahwa suaranya didengar oleh Anda.Tentunya ini sangat positif untuk bisnis Anda karena akan membuat Anda lebih dekat dengan mereka.

Ini juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas bisnis Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Orang-orang yang sudah percaya terhadap perusahaan yang menjual produk atau layanan akan lebih loyal terhadap perusahaan yang menyediakan produk / layanan tersebut.

5. Konsisten

Ketika telah memutuskan untuk membangun branding melalui sosial media maka Anda harus konsisten. Baik melalui media sosial maupun mesin pencari Anda harus konsisten dalam menjalankannya. Anda bisa mengatur jadwal dalam mempostin konten pada setiap platform sosial media Anda. Cara yang efektif adalah dengan memposting konten sesuai jam orang-orang mengakses media sosial tersebut.

Untuk membuat pengikut Anda tidak bosan, Anda bisa menyajikan konten yang tidak hanya menawarkan penjualan saja namun dengan konten-konten yang mengedukasi. Anda bisa menyajikan konten berupa quotes-quotes yang menginspirasi, infografis dan konten menghibur lainnya.

Nah itu lah beberapa tips membangun branding produk yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Jika Anda butuh bantuan dalam memasarkan produk / layanan secara online, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!