Apakah Anda ingin mengetahui cara menulis artikel yang SEO friendly? Saat ini Anda telah berada ditempat yang tepat. Ketika Anda mengembangkan konten yang berkualitas untuk blog atau situs website Anda, maka Anda harus mempertimbangkan dua hal ini. Yang pertama bagaimana Anda membuat konten yang berkualitas yang dapat melibatkan pengunjung yang pada akhirnya mendorong konversi.
Sedangkan yang kedua bagaimana membuat konten Anda tersedia untuk khalayak luas untuk mendapatkan lalu lintas yang berasal dari mesin pencari. Anda harus tahu bahwa membuat konten yang dioptimalkan untuk visibilitas pencarian merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengakuan merek.
Konten adalah raja dan artikel termasuk didalamnya, artikel sangat penting untuk sebuah website atau blog. Karena artikel mampu untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs website. Artikel yang dibuat dengan baik dan SEO friendly akan mudah terindeks dan akhirnya mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian Google yang pada akhirnya mendorong lebih banyak pengunjung ke situs web Anda.
Jika saat ini Anda sedang mencari artikel yang membahas cara menulis artikel yang SEO friendly, disinilah tempatnya. Kami telah menyiapkan khusus untuk Anda cara-cara membuat artikel yang ramah SEO friendly dan ramah pengguna. Langsung saja Anda membaca tulisan ini hingga selesai!
Cara Membuat Artikel SEO Friendly
Ketika Anda membuat atau menulis artikel pada situs website Anda, tentunya Anda ingin tulisan Anda mudah di baca dan SEO friendly. Itu artinya kata-kata yang Anda targetkan untuk mendatangkan pengunjung harus berada di tempat yang sangat menonjol. Tapi perlu di ingat bahwa menggunakan kata kunci yang berlebihan juga dapat menghambat keterbacaan teks Anda dan akhirnya mesin pencari gagal untuk memberi peringkat.
Jadi, untuk menghindari itu terjadi pada artikel yang akan Anda buat, berikut adalah cara menulis artikel yang SEO friendly dan mudah dibaca oleh pembaca:
1. Melakukan Penelitian Kata Kunci
Tujuan utama kita membuat artikel untuk website apalagi untuk website bisnis. Tentunya berharap artikel dapat terindeks oleh mesin pencari dan dapat dibaca dengan baik oleh pengguna. Itu sebabnya penelitian kata kunci sangat penting untuk Anda lakukan sebelum Anda memulai untuk membuat artikel. Riset kata kunci adalah kegiatan meneliti istilah atau frasa tertentu yang sering digunakan oleh orang-orang untuk menemukan informasi atau jawaban atas pertanyaan mereka.
Ketika Anda ingin membuat artikel yang membahas tentang layanan yang Anda tawarkan, misalnya saja paket tour Bali. Maka artikel yang Anda buat haruslah mengandung istilah atau kata kunci yang berhubungan dengan paket tour Bali. Untuk menemukan kata kunci yang cocok dengan apa yang ingin Anda tulis, Anda dapat menggunakan alat pencarian kata kunci dari Google.
Google menyediakan alat riset kata kunci terbaik yang di kenal sebagai Google Keyword Planner, Anda dapat menemukan banyak kata kunci yang relevan disana. Anda dapat melihat gambar di bawah sebagai contohnya.

Di alat ini Anda dapat menemukan berbagai kata kunci yang Anda butuhkan. Anda dapat melihat volume pencarian untuk menentukan apakah kata kunci tersebut cocok untuk Anda gunakan atau tidak. Volume pencarian artinya pencarian selama satu bulan, jika kata kunci memiliki volume pencarian 3000/bulan maka setiap harinya kata kunci tersebut memiliki 100 pencarian.
Jadi, apabila Anda menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian 3000/bulan untuk artikel Anda dan artikel Anda mendapat peringkat di halaman satu Google. Maka artikel Anda memiliki peluang untuk dikunjungi oleh 100 orang setiap harinya.
Untuk membuat artikel menggunakan kata kunci yang relevan, Anda dapat menggunakannya untuk permalink, Heading 1, dan Anda dapat meletakkannya di tempat yang strategis lainnya. Sehingga Google dapat membaca teks Anda dan mengindeks artikel Anda untuk di beri peringkat.
2. Mengoptimalkan Struktur Konten
Ketika Anda mengoptimalkan struktur konten, Anda perlu melakukannya dengan menerapkan teknik SEO on page. Dengan melakukan SEO on page dapat membantu Anda dalam menciptakan artikel yang SEO friendly. Teknik SEO on page berarti menerapkan Heading 1, Heading 2, dan seterusnya dengan tepat, membuat meta deskripsi, internal link, Alt pada gambar dan lain sebagainya.
Pengoptimalan struktur konten bertujuan untuk menjadikan konten Anda lebih ramah SEO dan mudah untuk di baca oleh audiens target Anda. Anda perlu memperhatikan Heading 1, Heading 2 dan seterusnya. Menerapkan Heading ketika Anda membuat konten sangat lah wajib di lakukan, karena Heading merupakan salah satu elemen wajib untuk struktur artikel yang optimal.
Menerapkan Heading juga dapat membantu mesin pencari untuk mengetahui tujuan dari artikel Anda, sehingga mesin pencari dapat menampilkan situs website Anda kepada pengguna. Tapi perlu di ingat bahwa penerapan Heading juga harus seusai dengan fungsi masing-masing Heading tersebut. Ketika Anda membuat Heading 2 Anda dapat memasukkan kata kunci yang di targetkan untuk membuat artikel Anda nantinya dapat di munculkan oleh mesin pencari di hasil pencarian.
3. Membuat Artikel Panjang Yang Berkualitas
Menurut penelitian, artikel yang panjang lebih di sukai oleh mesin pencari, sehingga mesin pencari dapat memberikan peringkat lebih tinggi. Tapi Anda harus ingat, bahwa artikel yang panjang saja tidak cukup, tapi juga harus berkualitas. Pastikan Anda membuat artikel yang panjang dan yang mudah di baca oleh pembaca dan memberi mereka manfaat. Jika Anda mampu menulis artikel yang lebih panjang dan tetap memperhatikan kualitas dari artikel yang Anda buat untuk mesin pencari dan pengguna, itu akan lebih bagus.
Mesin pencari memang menyukai artikel yang panjang, tapi mesin pencari akan lebih menyukai artikel yang di buat panjang dan memberi manfaat kepada penggunanya. Menurut penelitian ideal panjang dari sebuah artikel yaitu 1000 atau 2000 karakter yang dapat membuat mesin pencari memberikan peringkat. Jadi, untuk membuat artikel SEO friendly Anda dapat memastikan bahwa artikel yang Anda buat panjang dan memiliki manfaat untuk para pengguna mesin pencari.
4. Bagikan ke Media Sosial
Langkah yang terakhir adalah dengan membagikan konten yang telah Anda posting pada situs website ke media Sosial. Membagikan konten website ke media sosial tidak hanya mendorong peringkat situs website Anda. Tapi juga dapat memberikan manfaat kepada orang-orang yang membutuhkan layanan, produk atau tutorial yang Anda buat pada konten situs web Anda. Dengan berbagi konten website di media sosial Anda juga bisa memperoleh penjualan jika memang artikel yang Anda buat tentang penjualan.
Tapi jika Anda membuat artikel tentang sebuah tutorial atau hal lainnya, maka Anda akan mendapatkan pengikut setia. Anda dapat membagikan konten Anda di media sosial atau ke forum-forum sesuai dengan apa yang Anda tulis pada situs website Anda. Atau Anda dapat melakukan pemasaran konten untuk membuat situs website kamu mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang berharga.
Butuh Bantuan Jasa Penulis Artikel Terbaik?
Apabila Anda membutuhkan seorang ahli penulis artikel website atau blog, kami dapat membantu. Kami memiliki tim ahli dalam menulis artikel yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Tim penulis artikel kami telah membuat ribuan artikel untuk lebih dari 500 klien kami.
Segera hubungi kami untuk memesan artikel berkualitas yang dapat meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs website Anda. Percayakan penulisan artikel website atau blog Anda hanya kepada kami perusahaan digital marketing terbaik yang menyediakan layanan penulis artikel. Kami sangat senang dapat membantu Anda dalam meningkatkan pengunjung pada situs web Anda. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan konsultasi gratis!