Diperkirakan terhitung mulai dari bulan September 2024 tampaknya fitur terbaru dari Google yaitu SGE (Search Generative Experience) meluncur dan bisa diakses oleh lebih banyak orang di Indonesia. Fitur SGE ini pertama kali diluncurkan Google secara terbatas di Amerika pada bulan Mei 2024.
Jika Anda membuka mesin pencari lewat Google Chrome dan mendapati ada semacam cuplikan ringkasan atas kueri pertanyaan tertentu di bagian paling atas, maka itu bisa jadi adalah hasil dari SGE.
Namun, sebelum membahas lebih jauh sebenarnya apakah Anda sudah tahu apa itu SGE di pencarian Google? Silahkan simak penjelasan di bawah.
Apa Itu SGE yang Muncul di Pencarian Google?
SGE adalah singkatan dari Search Generative Experience buatan Google. Secara sederhana fitur eksperimental yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan ringkasan topik kepada pengguna.
Fitur ini tidak hanya mampu meringkas, melainkan juga membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, relevan, dan personal.
Terdengar sangat menarik? Ya, fitur seperti ini sepertinya sudah dinantikan oleh banyak orang. Namun tidak sedikit pula yang mengkhawatirkannya karena disebut bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap berkurangnya jumlah traffic atau pengunjung ke website. Untuk memahami lebih jauh mengenai SGE, silahkan simak penjelasan berikut.
Memahami Fitur yang Ditampilkan Pada SGE
Sekarang coba Anda perhatikan gambar di bawah.

Penjelasan:
- Bagian nomor 1 menunjukkan adanya fitur “Voice” memungkinkan pengguna untuk mendengarkan rangkuman dari hasil pencarian SGE. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengklik bagian tersebut maka ringkasannya akan dibacakan oleh Google
- Nomor 2 adalah hasil dari ringkasan SGE yang tampaknya didapatkan dari berbagai sumber. Pembahasan dibuat menjadi lebih singkat.
- Bagian nomor 3 menunjukkan referensi yang digunakan SGE untuk mendapatkan hasil ringkasan di nomor 2. Di sana terdapat beberapa judul artikel dari website yang berbeda. Kalau diperhatikan tampaknya artikel yang berada di halaman pertama (page one) menjadi sumber referensi yang banyak digunakan oleh SGE.
Sebenarnya masih ada beberapa fitur lainnya yang ada di dalam SGE. Namun, baru beberapa bagian saja yang ditampilkan pada mesin pencari di Indonesia.
Salah satunya seperti fitur “Follow up question”, memungkinkan pengguna untuk mengklik rekomendasi pertanyaan yang masih berkaitan dengan kueri pertama. Fitur ini pada umumnya berada di bagian bawah hasil rangkuman Search Generative Experience.
Sebagai contoh:
Pada awalnya Anda mencari “Resep kue coklat terbaik” , maka bagian dari “Follow up questions” yang mungkin masih berkaitan dengan kata kunci tersebut antara lain:
- Apa rahasia membuat resep kue coklat terbaik?
- Coklat jenis apa yang bagus untuk bikin kue coklat?
- Apa saja alat yang dibutuhkan untuk bikin kue coklat?
Tampilannya lebih kurang seperti ini..

Kelebihan SGE Pada Mesin Pencarian Google
Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna dengan hadirnya fitur SGE. Beberapa di antaranya sebagai berikut:
- Mempermudah proses pencarian informasi
- Meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik
- Meringkas dan merangkum informasi dari berbagai sumber
- Memberikan jawaban secara cepat untuk berbagai pertanyaan
- Dan lain sebagainnya
Namun, setiap perubahan yang sifatnya masif seperti ini pastinya akan memberikan kekurangan juga dari berbagai aspek. Terutama dari sudut pembuat konten seperti para blogger, pemilik web bisnis (khususnya skala kecil atau website baru).
Kekurangan SGE Pada Mesin Pencari
Lantas apa yang saja kekurangan dari penyematan fitur SGE di mesin pencari? Berikut ini beberapa poin pentingnya:
- Berpotensi mengurangi jumlah pengunjung dan total klik berbagai macam website
- Ada risiko memberikan hasil pencarian yang bias dan kurang akurat
- Menyulitkan beberapa pengguna, menimbulkan kebingungan
- Meningkatkan persaingan secara drastis, membuat website baru semakin sulit bersaing dengan website yang branding-nya sudah besar
Kami ingin menggarisbawahi poin yang pertama, mungkin beberapa dari Anda mempertanyakan “Kenapa fitur SGE bisa berpotensi mengurangi total klik dari website?”
Alasannya cukup sederhana, sebelum adanya fitur SGE pengguna perlu mencari informasi yang mereka butuhkan secara manual.
Mengklik pada beberapa judul halaman website atau artikel yang muncul di pencarian Google untuk mendapatkan apa yang mereka cari.
Namun, keberadaan SGE akan mengubah kebiasaan pengguna. Mereka yang membutuhkan informasi singkat dan langsung pada intinya mungkin saja enggan untuk mengecek kembali di halaman masing-masing website atau artikel yang ditampilkan di mesin pencari.
Ya, karena AI SGE sudah merangkum poin-poin inti dari pembahasan di berbagai website. Hal inilah yang sempat menjadi perdebatan pada praktisi konsultan SEO mengenai kehadiran fitur Search Generative Experience.
Cara Menggunakan Fitur Search Generative Experience
Saat ini fitur SGE di pencarian Google dapat diakses tapi masih eksperimental atau tahap uji coba terbuka. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan mudah di HP atau laptop (PC) dengan cara berikut.
Mengaktifkan SGE di HP/Tablet
- Pastikan Anda menggunakan browser Google Chrome atau Aplikasi Google di HP
- Kemudian, klik tombol yang tertera (icon tabung reaksi) untuk mengakses search lab
- Lalu, aktifkan fitur SGE sesuai pada gambar
- Test dan uji coba dengan mengetik kata kunci tertentu
Mengaktifkan SGE di Laptop/PC
- Wajib menggunakan Google Chrome (sebaiknya versi terbaru)
- Kemudian, klik pada tombol tabung reaksi seperti pada gambar
- Lalu, klik “Aktifkan” pada opsi “Ringkasan AI dan lainnya”
- Selanjutnya, Anda bisa langsung klik “Mulai penelusuran” dan menguji hasil pencarian dengan SGE
Catatan: Tidak semua kata kunci bisa memunculkan SGE, fitur ini masih tahap uji coba dan terbatas di beberapa pengguna.
Itu dia penjelasan dari kami mengenai apa itu SGE, fitur yang dibawa, dan beberapa hal yang berkaitan. Semoga bisa bermanfaat, ke depannya persaingan di dunia pemasaran digital akan semakin ketat.
Persiapkan perusahaan atau bisnis Anda untuk menghadapinya dengan menggunakan layanan dari tim yang profesional seperti yang disediakan oleh CV Studio Web.
Hubungi admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan jasa SEO, Google Ads, dan pembuatan website.