Secara umum manfaat periklanan PPC bagi bisnis adalah untuk menampilkan bisnis Anda secara instan di hasil pencarian tanpa proses yang lebih lama seperti SEO. Dengan periklanan PPC, bisnis Anda bisa tampil di halaman depan Google atau mesin pencarian lainnya beberapa menit setelah iklan di setting.
Banyak pelaku bisnis online yang melakukan iklan PPC untuk mendatangkan pelanggan online dengan cepat. Karena dengan iklan PPC seperti Google Ads cukup efektif untuk menarik lebih banyak pengguna Google ke sebuah bisnis.
Bukan tanpa alasan mengapa Google Ads efektif dalam mendatangkan pelanggan online. Karena situs web atau iklan yang tampil di halaman depan Google berpeluang besar di klik oleh calon pembeli.
Sama halnya dengan teknik SEO yang mana sangat efektif untuk mendatangkan lebih banyak prospek berkualitas.
Namun bedanya adalah jika SEO membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menampilkan halaman web di hasil pencarian mesin pencari. Sedangkan iklan PPC hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk menampilkan iklan Anda di halaman depan hasil pencarian mesin pencarian.
Dan yang luar biasanya dari iklan PPC adalah mampu menarik lebih banyak prospek berkualitas dengan waktu yang lebih singkat.
Waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan iklan di hasil pencarian mesin pencari hanya hanya beberapa menit saja. Itu mengapa banyak orang memilih strategi ini untuk meningkatkan penjualan dengan waktu yang lebih singkat.
Manfaat Kampanye Iklan PPC Bagi Pelaku Bisnis Online
Nah mungkin Anda penasaran manfaat dari kampanye iklan PPC bukan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut kami telah menulis 9 manfaat menjalankan kampanye iklan PPC.
1. Hanya Membayar Per Klik
Dari namanya saja sudah jelas yaitu Pay Per Click atau lebih dikenal dengan sebutan PPC, yang artinya bayar per klik. Iklan yang Anda tampilkan di hasil pencarian dikenakan biaya untuk setiap klik yang Anda dapatkan. Dan jika iklan Anda tidak di klik oleh audiens target Anda, maka iklan Anda tidak di kenakan biaya.

Google atau penyedia iklan PPC hanya akan mengurangi saldo Anda apabila iklan Anda di klik oleh calon pelanggan Anda. Tentunya ini sangat efektif bukan? Anda hanya akan membayar pada pihak penyedia iklan PPC apabila iklan Anda di klik dan jika tidak pun audiens target Anda dapat melihat nama bisnis Anda sekaligus produk / layanan yang Anda tawarkan.
2. Menargetkan Orang-Orang Yang Tepat Sasaran
Tahukah Anda bahwa menggunakan jasa Google Ads profesional dapat membantu Anda menargetkan orang-orang yang tepat sasaran? Karena seorang ahli akan memilih kata kunci dan parameter tampilan yang tempat. Sehingga dapat di pastikan menargetkan pelanggan yang kemungkinan besarnya akan melakukan konversi.
Google memang memiliki alat otomatis untuk pemasar, namun seorang ahli iklan Google sangat memahami dan dapat memaksimalkan anggaran dengan lebih baik untuk bisnis Anda. Selain ahli dalam menargetkan orang-orang yang tepat, Anda juga dapat memaksimalkan anggaran iklan Anda.
3. Hasil Terukur
Tahukah Anda bahwa iklan PPC adalah strategi pemasaran yang dapat di ukur hasilnya? Untuk melihat hasil kampanye iklan PPC yang Anda lakukan sangat mudah. Yaitu, Anda bisa melihatnya melalui alat Analytics mesin pencarian seperti Google Analytics.
Iklan PPC dan Google Analytics bekerjasama dalam memberikan data dan kinerja iklan yang sangat terperinci. Anda dapat melihat hasil kinerja iklan Anda dan juga mendapatkan informasi penting untuk meningkatkan kampanye iklan PPC Anda di masa depan.
4. Mendapatkan Visibilitas Secara Instan
Jika menggunakan strategi SEO mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian. Namun dengan iklan PPC yang di kelola dengan baik dan tepat dapat membantu menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian dengan cepat. Yaitu setelah beberapa menit iklan Anda di setting.
Ini artinya Anda bisa menampilkan bisnis Anda tepat di hadapan audiens target yang sekaligus meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Visibiltas bisa diperoleh apabila bisnis Anda sering tampil di halaman depan mesin pencarian karena banyak orang yang akan melihat merek Anda disana.
5. Waktu Penayangan Iklan Sangat Fleksibel
Anda bisa mengatur jadwal penanyangan iklan Anda dengan sangat fleksibel sesuai dengan jam atau waktu yang banyak digunakan oleh pelanggan untuk mencari produk / layanan Anda di mesin pencari. Anda juga bisa menyesuaikan dan menjeda kampanye iklan Anda kapanpun Anda inginkan.
Tentu saja ini sangat efektif karena Anda dapat mengatur sendiri waktu penayangan yang sekiranya banyak pelanggan akan mengklik iklan Anda di waktu-waktu tertentu. Ini artinya Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
6. Kontrol Lengkap
Manfaat iklan PPC yang berikutnya adalah, Anda mendapatkan kontrol lengkap atas iklan bisnis Anda. Anda bisa mengelola iklan PPC Anda kapanpun dan dimanapun iklan ingin ditampilkan. Mungkin Anda tahu cara menjalankan kampanye iklan PPC secara manual. Namun perusahaan digital marketing sangat memahami dan menggunakan cara yang terbukti tepat untuk meningkatkan konversi.
Seorang ahli dapat mengontrol anggaran iklan Anda dengan benar sehingga memaksimalkan hasil. Anda juga dapat dengan mudah melihat laporan yang diberikan oleh perusahaan digital marketing atas kinerja iklan PPC Anda. Jadi, apabila Anda ingin menjalankan iklan PPC dan ingin menghasilkan hasil yang lebih baik. Ada baiknya Anda menggunakan layanan dari seorang ahli.
7. Meningkatkan Strategi Pemasaran Digital Anda
Tahukah Anda bahwa iklan PPC juga dapat membantu meningkatkan strategi pemasaran digital lainnya? Misalnya saja konten bermerek dan SEO. Anda bisa memanfaatkan informasi yang Anda dapatkan dari alat Analytics dari hasil kinerja iklan Anda untuk dijadikan ide konten Anda.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan SEO Anda. Anda bisa mengoptimalkan kata kunci yang memiliki klik terbanyak untuk strategi SEO Anda. Buat postingan blog dengan kata kunci tersebut untuk mendapatkan peringkat organik di mesin pencarian.
8. Mendatangkan Lebih Banyak Prospek Berkualitas
Manfaat iklan PCC bagi pelaku bisnis online adalah untuk membantu mendatangkan lebih banyak prospek yang memicu pada konversi. Dengan menjalankan iklan PPC yang tepat, maka dapat membantu bisnis Anda mendapatkan prospek lebih banyak.
Jadi, tidak heran jika banyak orang yang menjalankan strategi SEO didukung dengan iklan PPC untuk menarik lebih banyak prospek berkualitas lebih cepat. Karena SEO untuk menarik lalu lintas organik, sedangkan iklan PPC untuk menarik prospek lebih cepat.
9. Mencapai Tujuan Bisnis Anda
Manfaat yang luar biasa dari kampanye iklan PPC lainnya adalah membantu mencapai tujuan bisnis Anda. Anda meningkatkan eksposur, meningkatkan prospek yang sekaligus meningkatkan konversi dengan iklan PPC. Memang akan sulit jika dilakukan oleh pemula. Namun Anda bisa meminta bantuan ahlinya untuk melakukannya dengan benar.
Dengan bantuan seorang ahli, Anda dapat memulai kampanye iklan PPC dengan benar, sehingga memperoleh hasil yang terukur. Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan anggaran iklan Anda untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Nah itulah ke 9 manfaat iklan PPC bagi bisnis online, dan jika Anda membutuhkan bantuan perusahaan digital marketing untuk mengelola iklan PPC Anda, jangan ragu untuk menggunakan layanan kami. Kami siap menjadi partner bisnis online Anda untuk mendatangkan lebih banyak prospek!