7 Cara Jitu Membuat Konten Berkualitas & Menarik Untuk Blog

cara membuat konten blog yang menarik

Apakah Anda sedang mencari cara membuat konten blog yang berkualitas dan menarik bagi pembaca? Jika iya, kami telah menyiapkan beberapa cara jitu membuat konten berkualitas untuk blog. Dalam pemasaran internet tidak akan lepas dari konten, karena konten sangat berperan penting dalam meningkatkan bisnis Anda.

Tidak sembarang konten, karena konten harus dibuat informatif dan menarik bagi pembaca sehingga pembaca betah dan membuat mereka kembali mengunjungi situs atau blog Anda. Selain untuk meningkatkan pengalaman pembaca, konten berkualitas juga berfungsi untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Karena salah satu cara meningkatkan peringkat tinggi adalah dengan konten berkualitas yang menarik bagi pembaca dan memberi informasi yang relevan. Jika Anda Anda mampu menyajikan konten tersebut, maka peringkat dapat naik dan pengunjungpun meningkat.

Dan jika Anda ingin meningkatkan peringkat website / blog dan mendatangkan traffic potensial, mungkin cara buat konten menarik ini dapat membantu Anda. Anda dapat menerapkan beberapa tips ini ketika Anda akan membuat konten untuk postingan blog Anda.

Nah tidak perlu berlama-lama, mari kita mulai!

Cara Membuat Konten Blog Lebih Menarik Bagi Pembaca

Tidak dipungkiri bahwa konten adalah magnet yang kuat untuk menarik lebih banyak pengunjung website / blog. Karena konten yang berkualitas, menarik dan informatiflah yang dibutuhkan oleh audiens target Anda. Jadi, apabila Anda mampu menyajikan konten seperti harapan audiens target Anda, maka dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Nah lalu bagaimana cara menciptakan konten yang berkualitas, menarik dan sesuai harapan audiens Anda? Tenang, kami punya tips jitu untuk Anda!

1. Keywords Research

Keyword / kata kunci adalah elemen paling penting dalam pembuatan konten. Konten berkualitas sudah tentu menggunakan kata kunci relevan, yaitu terkait dengan industri Anda. Apabila konten dibuat tanpa melibatkan kata kunci relevan, maka tidak akan menghasilkan pengunjung berkualitas. Ini artinya, pengunjung situs web Anda bukanlah orang-orang yang memang membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Namun, jika Anda melibatkan kata kunci yang relevan terkait industri Anda, maka orang-orang yang mengunjungi situs web Anda adalah orang-orang yang mungkin berencana membeli produk / layanan Anda. Karena 81% konsumen akan mencari informasi secara online sebelum mereka melakukan pembelian produk / layanan yang mereka butuhkan.

Baik sekadar untuk mencari informasi toko, kegunaan produk / layanan yang akan mereka beli, keuntungan membeli di toko tertentu hingga melakukan transaksi di situs web yang dipercaya. Nah inilah yang mengharuskan pelaku bisnis online membuat konten berkualitas, sehingga diberi peringkat tinggi oleh Google.

Karena Google atau mesin pencari lainnya hanya akan memberi peringkat pada situs web yang memiliki konten berkualitas yang relevan dengan pencarian penggunanya. Itu mengapa Anda perlu membuat konten berkualitas jika Anda ingin merek Anda ditemukan oleh audiens target di halaman depan hasil pencarian Google.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kata kunci relevan? Mudah saja, karena Anda bisa menemukannya menggunakan alat penelitian kata kunci. Ada banyak sekali alat yang bisa Anda gunakan untuk menemukan kata kunci relevan, misalnya saja Google Keyword Planner, Ubersuggest, Google Trend, KWFinder, MOZ, dan banyak lagi.

Anda bisa menggunakan beberapa alat tersebut untuk menemukan kata kunci relevan. Caranya pun cukup mudah, ada yang hanya perlu membuat akun baru atau bisa menggunakanya tanpa mendaftar. Dari beberapa alat penelitian kata kunci tersebut ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Jika Anda ingin mendapatkan banyak fitur yang sangat membantu, Anda bisa menggunakan yang berbayar.

Untuk menggunakan alat riset kata kunci cukup dengan mengetikan frasa terkait industri Anda. Misalnya saja “sablon kaos” nanti hasil dari pencarian Anda muncul yang kemudian bisa Anda gunakan untuk ide konten Anda. Perlu diingat bahwa cara dan kebijakan dari masing-masing alat riset kata kunci berbeda-beda. Anda bisa mengunjungi halaman alat kata kunci tersebut untuk mempelajari lebih lanjut.

Selain menggunakan alat pencarian kata kunci yang kami sebutkan, Anda juga bisa menemukan kata kunci relevan dengan cara Google Related Search dan Google Autocomplete. Apabila Anda memilih cara ini, Anda cukup buka Google lalu ketikan frasa / kata kunci, misalnya saja seperti contoh dibawah ini.

Contoh Google Related Search

Cara menemukan kata kunci relevan

Contoh Google Autocomplete

Riset kata Kunci

Kata kunci ini cukup membantu untuk mendatangkan pengunjung potensial, karena pada dasarnya kata kunci yang muncul ini merupakan kata kunci yang juga sering diketikan oleh pengguna Google.

2. Riset Topik Yang Akan Ditulis

Setelah Anda menemukan kata kunci relevan sebagai ide konten Anda, selanjutnya adalah melakukan riset konten. Mungkin Anda bingung mengapa harus melakukan penelitian konten sebelum mulai membuat konten bukan? Nah tujuan riset konten supaya konten yang Anda buat sesuai dengan informasi yang sebenarnya dan tentu saja agar konten Anda di beri peringkat lebih tinggi dari pesaing Anda.

Untuk membuat konten Anda lebih baik dari pesaing Anda, sangat penting untuk melakukan riset topik yang akan Anda bahas. Anda dapat menganalisis mengapa konten pesaing Anda di beri pering tinggi oleh Google, dengan demikian Anda dapat membuat konten yang lebih baik. Anda bisa menambahkan informasi yang tidak di tulis oleh pesaing Anda di konten Anda sendiri.

Kata kunci memang dapat membantu mendatangkan pengunjung potensial, namun konten yang enak di baca dan informatiflah yang di butuhkan oleh mereka. Fungsi dari riset konten juga sangat membantu Anda dalam membuat konten yang informatif. Anda akan mengetahui bagaimana konten pesaing dapat menyelesaikan masalah dari pembacanya.

Setelah Anda melakukan analisis terhadap konten pesaing, Anda akan lebih mudah membuat konten untuk blog / situs web Anda. Anda akan memahami apa saja yang perlu Anda tulis dan sampaikan kepada audiens target.

3. Buat Konten Original

Yang wajib Anda ingat saat akan membuat konten adalah keasliannya. Ini artinya, Anda tidak boleh copy paste konten milik orang lain. Anda boleh menganalisa konten milik orang lain namun tidak boleh mengcopy ke situs web Anda, karena akan di anggap sebagai duplikat konten. Ini juga tidak direkomendasikan oleh Google karena akan membingungkan Google dalam memberi peringkat di hasil pencarian.

Jadi, supaya konten Anda di sukai oleh Google, maka Anda harus membuat konten yang original dan relevan. Original yang kami maksud bukan berarti asal, namun tetap relevan sesuai pada informasi terkait industri Anda. Jika Anda membuat konten edukasi, maka harus di buat sesuai dengan sebenarnya, sehingga pembaca tidak salah informasi.

Cara membuat konten berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa konten duplikat sangat di benci oleh Google dan itu bisa membahayakan situs web Anda. Apabila Anda ketahuan memiliki konten yang di ambil dari konten milik orang lain, bukan hanya Google yang akan memberi hukuman. Namun juga dengan si pemilik konten yang Anda duplikat, bisa jadi Anda diminta untuk menghapus konten yang Anda copy, atau bahkan membayar denda.

Apabila Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, maka jangan melakukan kesalahan fatal ini. Jadi pastikan Anda membuat konten original yang relevan. Untuk menguji konten original, Anda bisa menggunakan alat seperti Copyscape, alat ini cukup membantu untuk mengetahui bahwa konten Anda asli.

Tidak hanya original, namun juga harus relevan, sekali lagi harus relevan dan informatif. Karena pembaca akan tertarik pada konten yang informatif yang membantu mereka menyelesaikan masalahnya. Buat headline yang kuat untuk membuat konten Anda semakin menarik bagi pembaca.

4. Memberikan Jawaban Yang Relevan

Google adalah mesin pencari yang di gunakan untuk menemukan jawaban yang di butuhkan oleh penggunanya. Kebanyakan pengguna Google adalah orang-orang yang membutuhkan jawaban relevan atas frasa / kata kunci yang di ketikan di bilah pencarian.

Itulah mengapa, Anda perlu membuat konten dengan jawaban yang relevan dan akurat. Konten yang Anda buat harus mengandung jawaban akurat sehingga dapat membantu pembaca memecah masalahnya. Untuk membuat konten dengan jawaban relevan, Anda bisa memposisikan diri sebagai pembaca yang membutuhkan jawaban atas konten yang akan Anda buat.

Dengan demikian Anda akan menemukan ide cemerlang untuk memberikan jawaban yang di harapkan oleh pembaca. Tapi pastikan Anda menuliskan jawaban sesuai dengan sesungguhnya dan akurat, karena ini berpengaruh terhadap kepuasan pembaca Anda.

Jawaban relevan juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung dan tentu saja membantu menaikkan peringkat. Misalnya saja, pengunjung mendapatkan informasi yang akurat pada konten Anda saat mereka mencari informasi produk / layanan Anda. Ini memungkinkan mereka tertarik melakukan pembelian karena mereka mempercayai bisnis Anda.

Tidak hanya pembaca, namun juga mesin pencari yang memberikan peringkat tinggi di hasil pencarian. Semakin relevan konten Anda, semakin baik untuk peringkat Anda. Jadi memberikan jawaban relevan juga sangat berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari.

5. Perhatikan Penulisan

Sebagian besar pembaca lebih menyukai paragraf yang pendek di bandingkan dengan paragraf yang memiliki jumlah karakter banyak. Ini dapat mempengaruhi ketertarikan pembaca untuk terus membaca konten Anda hingga selesai. Bayangkan saja Anda mengunjungi halaman konten dengan penulisan yang rumit, misalnya paragraf yang memiliki kata banyak.

Mungkin ini akan membuat Anda pusing melihatnya dan akhirnya membuat Anda malas membaca dan keluar mencari hasil pencarian lainnya. Banyak orang yang tidak nyaman membaca dengan banyak kata di satu paragraf, sehingga mereka lebih memilih mencari konten yang lebih enak di baca.

Meskipun isi konten panjang, tapi jika di buat dengan penataan paragraf yang tepat tidak akan mengurangi kenyamanan pengunjung untuk membaca hingga selesai. Ini juga membantu menekan bounce rate situs web Anda, karena pengunjung betah berlama-lama di situs web Anda.

6. Gunakan Gambar / Video Sesuai Topi Anda

Untuk membuat konten Anda lebih menarik dan membuat pembaca lebih betah untuk membaca, Anda perlu menambahkan gambar maupun video pada halaman konten Anda. Tahukah Anda bahwa Artikel yang yang tidak memiliki gambar akan terlihat membosankan dan tidak menarik?

Nah supaya konten Anda lebih menarik, tambahkan gambar yang relevan dengan topik yang Anda bahas. Dan jika memungkinkan, Anda juga menambahkan video pada konten Anda supaya lebih menarik dan meningkatkan waktu kunjungan pengunjung Anda.

Selain untuk membuat konten Anda lebih menarik, gambar atau video juga membantu meningkatkan SEO Anda. Gambar yang di beri teks Alt dapat membantu meningkatkan peringkat untuk pencarian gambar di Google. Jadi, menambahkan gambar tidak hanya mempercantik konten saja, namun juga sekaligus meningkatkan peringkat.

7. Libatkan Teknik SEO On Page

Cara buat konten menarik

Agar konten Anda lebih SEO friendly, Anda perlu melibatkan teknik SEO onpage pada setiap postingan blog Anda. Membuat konten untuk website tidak hanya menyenangkan pembaca saja namun juga untuk meraih posisi tinggi di hasil pencarian.

Konten yang SEO friendly akan lebih mudah di indeks oleh Google sehingga dapat di beri peringkat oleh Google. Pastikan Anda menggunakan Heading dengan tepat untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari memahami maksud konten Anda.

Jangan lupakan meta deskripsi, untuk membuat audiens target mengklik halaman konten Anda, buatlah meta deskripsi sesuai aturan, menarik dan mengandung kata kunci. Meta deskripsi sangat berpengaruh terhadap CTR situs web Anda dan peringkat.

Karena gambar juga sangat berpengaruh terhadap peringkat, maka Anda perlu menambahkan teks Alt dengan menggunakan kata kunci. Ini akan membantu konten Anda semakin SEO friendly dan tentu saja membuat konten Anda semakin menarik.

Nah itulah ke 7 cara membuat konten menarik dan berkualitas yang bisa Anda terapkan pada situs web Anda. Mungkin Anda juga tertarik membaca artikel kami yang lain seperti:

  1. Mengoptimalkan Long Tail Keyword Untuk Menghasilkan Lebih Banyak Traffic
  2. 6 Cara Jitu Mendapatkan Pelanggan Online
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!