Strategi pemasaran media sosial adalah salah satu cara meningkatkan toko E-Commerce yang efektif. Pemasaran sosial media telah di terapkan pada setiap bisnis bahkan pada Ecommerce dan itu sangat efektif. Dimana jumlah orang yang menghabiskan waktu di media sosial terus meningkat setiap tahunnya.
Ini adalah kesempatan besar Anda untuk mempromosikan toko online Anda dengan memanfaatkan pemasaran sosial media untuk menarik lebih banyak pelanggan. Anda dapat menggunakan sosial media untuk meningkatkan pengenalan merek dan sekaligus mengarahkan audiens target pada bisnis Anda.
Ada ribuan bahkan jutaan pengguna sosial media didunia yang mungkin sebagian dari mereka tertarik dengan produk Anda. Ini artinya ada banyak audiens target Anda di media sosial. Jadi mengapa Anda tidak menampilkan merek Anda disana dan menarik mereka menjadi pelanggan yang membeli?
Nah untuk membantu Anda menjalankan pemasaran sosial media yang berhasil, Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sosial media efektif ini. Kami telah menyiapkan 5 strategi pemasaran sosial media untuk meningkatkan toko online Anda.
Strategi Pemasaran Sosial Media Yang Efektif Untuk Meningkatkan Toko E-Commerce
Melakukan pemasaran sosial media juga harus menggunakan strategi supaya dapat memperoleh hasil yang diharapkan. Karena pemasaran tanpa strategi akan sia-sia, ibaratnya kapal berlayar tanpa nahkoda. Bisnis Anda memang berjalan namun tidak memiliki tujuan yang jelas yang pada akhirnya tidak dapat mencapai tujuan.
Namun dengan membangun strategi yang efektif, Anda dapat mengetahui tujuan Anda dan bagaimana mencapainya. Begitulah dengan pemasaran sosial media dimana Anda harus membangun strategi Anda. Nah berikut beberapa strategi pemasaran media sosial yang dapat membantu meningkatkan toko online Anda.

1. Menggunakan Konten Visual
Salah satu daya tarik bagi pengguna sosial media saat melihat sebuah bisnis adalah konten visualnya. Konten visual yang menarik akan menarik perhatian mereka yang memungkinkan mereka mencari tahu tentang bisnis Anda.
Anda bisa menggunakan konten visual seperti gambar, video bahkan meme dengan melibatkan merek Anda. Ini adalah salah satu cara untuk membangun interaksi dengan audiens target Anda di media sosial. Bisnis yang berinteraksi dengan audiensnya akan dianggap sebagai bisnis yang peduli terhadap pelanggannya.
Lagi pula menyajikan konten visual yang menarik lebih berpeluang besar dalam menghasilkan minat dan keterlibatan audiens target Anda. Orang-orang akan tertarik pada bisnis yang memberikan mereka informasi dengan pengemasan konten yang unik.
2. Membangun Keterlibatan dan Komunikasi Dengan Audiens Target
Tahukah Anda bahwa sosial media adalah tempat dimana Anda bisa membangun kedekatan dengan audiens Anda? Anda bisa tetap terlibat dengan mereka dan membentuk hubungan yang lebih interaktif. Meskipun sebagian besar pengguna media sosial tidak terlalu aktif memposting namun mereka tetap berselancar di media sosial.
Mereka tetap terlibat dengan pengguna lain bahkan dengan merek yang menyajikan konten visual yang menarik perhatian mereka. Dengan membangun keterlibatan pengguna sosial media, Anda tetap memiliki kesempatan untuk terus mempertahankan koneksi mereka dengan merek Anda. Dan jika mereka ingin membeli produk yang sama seperti Anda tawarkan, memungkinkan mereka memilih merek Anda.
Dengan terus aktif di sosial media, sebuah bisnis akan terus membangun keterlibatan pengguna yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan. Audiesn target dapat berinteraksi langsung dengan Anda ketika Anda membuat postingan baru. Baik memberikan suka, komentar bahkan melakukan pembelian.
Anda dapat mempelajari audiens target Anda untuk meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek Anda. Misalnya saja dengan mempelajari kesukaan mereka, gaya bahasa dan lainnya.
3. Menyediakan Saluran Komunikasi Dua Arah
Jika Anda diposisikan sebagai pelanggan tentunya Anda akan memilih merek yang memberikan saluran komunikasi dua arah. Dimana merek tersebut memberikan respon cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda. Dengan memberikan komunikasi dua arah yang lebih baik akan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Memberikan respon yang cepat juga berarti mempercepat pembelian. Bayangkan saja jika, Anda mengabaikan kecepatan membalas pesan? Orang yang berniat membeli harus menunggu lama balasan Anda maka mereka dapat meninggalkan Anda dengan segara.
Dengan menghadirkan merek Anda di media sosial akan memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung dengan merek Anda. Mereka dapat bertanya tentang ketersediaan stock, pengiriman hingga harga. Namun Anda harus memastikan bahwa tim Anda membalas pesan mereka dengan cepat, ramah dan relevan sehingga mereka nyaman berkomunikasi dengan bisnis Anda.
4. Jangan Hilangkan SEO
Meskipun pemasaran sosial media dapat meningkatkan toko E-Commerce Anda, namun bukan berarti Anda harus menghilangkan SEO. Jika Anda bisa mendapatkan lalu lintas dari media sosial dan SEO kenapa tidak digabungkan keduanya? Lagipula menjalankan pemasaran SEO dan didukung dengan pemasaran sosial media dapat membentuk identitas merek yang lebih kuat.
Apalagi jika Anda mengintegrasikan teknik SEO dalam strategi pemasaran sosial media Anda maka dapat meningkatkan identitas merek Anda. Perlu Anda ketahui bahwa cara efektif meningkatkan citra merek adalah dengan mengintegrasikan kata kunci SEO pada konten sosial media Anda.
Anda bisa mengoptimalkan SEO Gambar untuk membantu konten visual Anda lebih mudah di mesin pencari. Tentu jasa ini akan menguntungkan merek Anda bukan? Anda bisa memulainya dengan menulis teks yang tepat untuk ditindaklanjuti dengan tagar yang relevan. Ini dapat membantu mengarahkan audiens target Anda dari media sosial ke toko online Anda.
Anda harus tahu bahwa SEO adalah alat yang sangat bagus bagi bisnis toko online karena tidak hanya meningkatkan kinerja situs web saja namun juga media sosial Anda. Dengan menggabungkan teknik SEO dan konten yang berkualitas akan membantu menarik peerhatian pengguna dan meningkatkan lalu lintas ke situs toko online Anda.
5. Dorong Dengan Iklan Berbayar
Dalam strategi pemasaran online ada dua opsi yaitu organik dan iklan berbayar, dimana keduanya sama-sama efektif. Pemasaran organik yaitu serangkaian proses mendatangkan pelanggan dengan upaya lebih keras namun tidak perlu membayar.
Sedangkan iklan berbayar merupakan teknik pemasaran yang mengharuskan Anda membayar pada pihak sosial media dalam setiap klik yang iklan Anda dapatkan. Mengiklankan bisnis di media sosial menjadi alat yang luar biasa untuk mencapai visibilitas apalagi untuk persaingan tinggi.
Bagi pebisnis Ecommerce sendiri, iklan berbayar merupakan cara yang tepat untuk menghasilkan eksposur yang juga dapat membantu meningkatkan pembelian. Anda perlu tahu bahwa ketika pengguna mengunjungi profil media sosial sebuah merek, maka mereka cenderung terlibat dengan merek Anda.
Selain berupaya dengan strategi pemasaran organik, Anda dapat memberikan dorongan ekstra pada pemasaran media sosial Anda dengan iklan berbayar. Ini juga dapat meningkatkan bisnis ecommerce Anda.
Nah itulah ke 5 strategi pemasaran social media yang bisa Anda terapkan pada pemasaran Ecommerce Anda. Jika butuh bantuan terkait pemasaran sosial media, langsung saja hubungi kami. Kami siap membantu meningkatkan merek online Anda.