Jika ingin meningkatkan peringkat dan traffic organik website, maka Anda harus menghindari kesalahan optimasi SEO yang akan kami jelaskan di artikel ini.
Website merupakan media digital yang harus di optamasi bisa dengan cara SEO atau juga dengan iklan berbayar misalnya Google Ads.
Kerugian tidak mengoptimalkan website untuk mesin pencari tidak hanya membuang uang secara percuma karena tidak menghasilkan keuntungan. Tapi juga membuang waktu Anda.
Jika website tidak di optimalkan maka situs web Anda tidak bisa di temukan oleh konsumen dan itu hanya akan menjadi tontonan Anda sendiri.
Situs web yang di optimalkan dengan baik dapat memberikan keuntungan seperti menghasilkan lebih banyak traffic, meningkatkan konversi hingga meningkatkan pendapatan.
Nah sebelumnya kami juga sudah menulis tentang cara optimasi SEO website Anda bisa membacanya untuk mepelajarinya lebih lanjut. Untuk menghindari kesalahan optimasi website, pastikan bahwa Anda membaca tulisan ini hingga selesai.
Wajib Hindari Ke 5 Kesalahan Optimasi SEO Website Ini!
Supaya strategi SEO berhasil, maka Anda harus menghindari kesalahan yang dapat menghalangi kesuksesan SEO Anda. Mari cari tahu apa saja kesalahan optimasi website yang harus Anda hindari:
1. Beroperasi Secara Buta Tanpa Rencana Strategi SEO
Kesalahan yang sangat fatal dalam pengelolaan website ialah Anda tidak memiliki rencana yang jelas. Jika Anda tidak memiliki rencana dan tujuan yang jelas, ini dapat membuat tersesat, alhasil Anda tidak dapat mencapai kesuksesan pemasaran online.
Saat Anda memulai terjun ke pemasaran online dengan membangun website dan mengelolanya, itu artinya Anda harus mempersiapkan rencana selanjutnya.
Apabila Anda tidak memiliki rencana dan tujuan yang ingin di capai, lalu bagaimana Anda bisa mengetahui cara seperti apa yang akan Anda jalankan.
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan. Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak konversi? Peringkat lebih tinggi di beranda Google? Dan meningkatkan penjualan Anda?
Sangat sulit bagi perusahaan Anda untuk mencapai tujuan yang tinggi ini jika Anda tidak memiliki strategi untuk mencapainya. Jadi, yang harus Anda persiapkan pertama kali ialah memiliki perencanaan SEO yang jelas.
Jika Anda tidak ingin berakhir dengan strategi pemasaran yang tidak menguntungkan, maka Anda perlu menghindari kesalahan SEO yang satu ini.
Solusi:
Optimasi website yang sukses biasanya melibatkan rencana yang matang. Supaya Anda benar-benar menghindari kesalahan optimasi website ini, lakukan inventarisasi dengan mengukur pesaing Anda dan metrik mereka, termasuk:
- Peringkat
- Kata Kunci
- Isi
- Performa
Keempat hal ini sangat penting dalam menjalankan pemasaran online khususnya pemasaran situs web. Solusi terbaik adalah dengan bertumpu pada peringkat, kata kunci, isi konten dan performa konten.
Mempelajari strategi pesaing juga sangat membantu Anda menciptakan strategi yang lebih baik menargetkan basis pelanggan, kata kunci, dan jenis konten yang lebih efektif.
Anda juga dapat menemukan teknologi otomatis yang meningkatkan alur kerja dan mendorong kinerja atau pengoptimalan SEO.
2. Tidak Memahami Audiens Anda
Jika merek Anda menyajikan informasi yang tidak di harapkan audiens target Anda, lalu bagaimana situs web Anda dapat di kunjungi oleh prospek yang berharga?
Salah satu cara menghindari kesalahan SEO adalah dengan tidak mengabaikan audiens target Anda. Tidak memahami audiens target sama saja dengan tidak peduli pada pemasaran Anda. Karena hal yang utama dalam pemasaran adalah dengan mengenal dan memahami orang-orang yang menjadi sasaran bisnis Anda.
Tujuan dari melakukan optimasi website adalah untuk membuat mesin pencari seperti Google menghubungkan bisnis Anda ke audiens target dengan menyajikan informasi paling relevan, akurat dan Terkini.
Intinya tujuan dari mengoptimalkan website ialah untuk menaikkan peringkat website yang memenuhi kebutuhan pencarian pengguna mesin pencari.
Ketika berbicara tentang mengoptimasi website, terlalu banyak orang yang gagal memahami audiens mereka. Sehingga upaya yang di lakukan dalam mengoptimasi website terkadang sia-sia karena tidak menjangkau audiens yang tepat.
Upaya optimasi website yang harus Anda lakukan untuk menyalurkan audiens target ke bisnis Anda ialah dengan memposisikan merek Anda dengan konten yang memuaskan mereka.
Solusi:
Pastikan bahwa Anda melakukan riset pasar untuk mengenal audiens Anda, ini sangat wajib Anda lakukan dalam menjalankan pemasaran online.
Untuk mengetahui apa yang di inginkan oleh audiens, Anda bisa melihat pesaing berat Anda dan melakukan riset kata kunci. Gunakan data yang Anda dapatkan untuk menciptakan strategi yang lebih baik dari pesaing Anda tersebut.
3. Mengabaikan Teknik SEO On Page
Kesalahan yang tidak kalah fatal dalam mengoptimalkan website ialah Anda mengabaikan teknik SEO on page. Sehebat apapun konten yang Anda buat jika tidak melibatkan SEO onpage itu kurang optimal bagi mesin pencari.
Konten yang di tulis informatif dan di posting dengan cara yang tepat yaitu sesuai dengan kaidah SEO on-page dapat membantu halaman Anda disukai oleh mesin pencari.

Mengabaikan teknik SEO sama saja dengan membuang waktu dan energi, karena usaha yang Anda lakukan tidak dapat menyenangkan mesin pencari. Tentu saja ini membuat halaman konten yang Anda buat tidak mudah di temukan oleh audiens Anda.
Inilah kesalahan yang banyak orang lakukan tanpa sadar, mereka hanya fokus membuat konten bagus tanpa memperhatikan cara posting yang benar.
Jadi, untuk menghindari kesalahan ini, pastikan bahwa Anda memprostingan setiap halaman dengan melibatkan teknik SEO onpage yang benar.
Solusi:
Dalam mengoptimalkan setiap halaman web perlu melibatkan SEO onpage seperti:
- Tag judul untuk setiap halaman
- Deskripsi meta yang informatif tanpa terlalu bertele-tele
- Penggunaan kata kunci yang disengaja dalam judul dan deskripsi
- Teks alternatif pada gambar yang disematkan
- Penataan URL yang ramah-algoritma
4. Mengabaikan Alat Analytic
Ada banyak sekali manfaat dari alat analytic bagi pelaku pemasar online. Dan jika Anda tidak melibatkan alat analytic dalam pemasaran website Anda, itu adalah kesalahan besar.
Resiko tidak menggunakan alat analytic dalam mengoptimalkan website ialah, Anda tidak dapat melihat kinerja dan performa kerja konten Anda.
Jika mengabaikan alat canggih ini, Anda akan kesulitan meningkatkan strategi Anda dan tentu saja akan membuat Anda tidak tahu sebaik apa konten Anda.
Tujuan mengoptimalkan website tidak hanya mendapatkan traffic organik saja. Tapi lebih ke mengubah traffic menjadi konversi dan penjualan.
Banyak bisnis yang hanya fokus pada kata kunci dengan lalu lintas tinggi, tetapi abai pada kata kunci yang lalu lintasnya rendah padahal mungkin memiliki tingkat konversi yang lebih baik.
Mereka tidak akan tahu seberapa efektifnya SEO dan upaya pemasaran konten Anda kecuali Anda melacak dan menganalisis angka-angkanya. Dan Anda bisa mendapatkan data akurat dari alat analytic seperti Google Analytic.
Baca juga: Cara Membuat Strategi Content Marketing
Libatkan alat analytic jika Anda tidak ingin melakukan kesalahan dalam mengoptimasi website. Alat analytic akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan kinerja dan performa pemasaran konten Anda.
Solusi:
Cara terbaik meningkatkan kinerja pemasaran konten adalah dengan melacak dan meninjau analytic secara teratur. Anda bisa melihat perkembangan situs web Anda, baik peringkat, traffic bahkan konversi.
Ada banyak alat analitik yang tersedia yang dapat Anda gunakan untuk memantau kinerja website Anda seperti Google Analytic dan Google Search Console. Alat ini dapat menangani analisis persaingan, manajemen dan alur kerja SEO, penelitian kata kunci, serta manajemen dan pengukuran link.
5. Mengabaikan Desain Mobile Friendly
Hampir semua pengguna internet memiliki smartphone dan menggunakannya untuk menjelajahi berbagai jejaring internet termasuk pencarian mesin pencari.
Mengabaikan desain mobile friendly pada website Anda adalah kesalahan yang harus Anda hindari ketika Anda mengoptimasi website.
Tidak memberikan keramahan seluler sama saja Anda mengusir prospek berharga Anda. Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone, jadi kenapa bisnis Anda tidak hadir untuk mereka? Lagi pula lebih banyak orang menggunakan ponsel pintar untuk menemukan informasi melalui pencarian mesin pencari.
Kesalahan yang tidak sadar pemasar lakukan ialah:
- Sistem navigasi yang sulit
- Waktu pemuatan lambat untuk video dan gambar
- Kecepatan situs web lambat
- Informasi lokal salah atau hilang
- Desain web yang tidak responsive
Solusi:
Google merupakan mesin pencari yang memasukkan desain mobile friendly ke dalam faktor pemberi peringkat. Jika situs web Anda responsive terhadap perangkat mobile dan memberikan konten yang bermanfaat bagi penggunanya, maka Google akan memberikan peringkat tinggi.
Nah supaya Anda tidak melakukan kesalahan fatal ini, alangkah lebih baiknya jika Anda membangun situs web dengan desain responsive atau mobile friendly dan ramah SEO.
Butuh Bantuan Ahlinya? Hubungi Kami Sekarang!
Ingin membuat website yang ramah seluler dan SEO serta langsung di optimalkan dengan cara yang tepat? Langsung saja gunakan layanan pembuatan website dan optimasi website dari Studio Web.
Kami pastikan situs web Anda di bangun dan dioptimalkan dengan teknik terbaik untuk menghasilkan peringkat, traffic, konversi dan penjualan,
Untuk membicarakan layanan optimasi website, langsung saja hubungi tim admin kami, kami pastikan membantu menyelesaikan masalah Anda!