Pemasaran digital semestinya menjadi strategi promosi yang sudah diterapkan oleh semua perusahaan. Selain mampu menjangkau target konsumen secara meluas, sistem online yang diterapkan secara efektif dapat menghemat biaya. Namun, tidak sedikit yang mengalami kendala saat menerapkan digital marketing akibatnya terjadi kerugian yang cukup besar.
Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas permasalahan apa yang sering terjadi saat menerapkan pemasaran digital beserta dengan penyelesaiannya.
5 Kendala Saat Menerapkan Digital Marketing dan Solusinya
Tidak ada jalan pintas untuk mengatasi masalah dalam penerapan pemasaran digital. Pastikan untuk mengambil keputusan yang tepat dan mencari cara untuk mengatasi permasalahan yang muncul.

1. Algoritma yang Terus Berubah
Trend pemasaran digital seperti SEO dan iklan berbayar sangat dinamis. Strategi yang diterapkan di tahun sekarang belum tentu masih relevan untuk tahun berikutnya. Perubahan yang pesat ini membuat banyak pebisnis kesulitan menerapkan strategi yang tepat untuk mendorong kemajuan bisnis dan branding.
Solusi: Anda bisa mencoba untuk mengikuti perkembangan trend tersebut dengan cara membaca informasi di situs, menonton video di youtube yang sering membahas update mengenai informasi teknis tersebut.
Contohnya mempelajari istilah EEAT (Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) dan bagaimana ini berpengaruh ke kualitas website di mata mesin pencari.
2. Kurang Perencanaan dan Tidak Terfokus
Strategi digital marketing dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda. Ada SEO, menjalankan kampanye iklan berbayar, bahkan pengelolaan sosial media juga bisa terhitung ke dalam metode promosi online.
Melakukan setiap strategi pemasaran tersebut secara serentak dalam waktu yang sama tentu kurang efisien, terlebih lagi jika perusahaan Anda masih belum memiliki talents atau tenaga kerja berpengalaman di bidang tersebut.
Solusi: Ada baiknya untuk fokus pada salah satu strategi promosi terlebih dahulu. Perhatikan perkembangannya, apakah berjalan dengan baik atau tidak. Pengukuran efektif atau tidaknya suatu metode promosi mungkin tidak selalunya sama bisa dalam hitungan minggu bahkan beberapa bulan.
Setelah itu, baru Anda bisa mencoba menjalankan metode digital marketing lebih dari satu untuk meningkatkan branding atau mendorong datangnya leads atau calon pelanggan.
3. Kompetensi dan Keahlian yang Terbatas
Sama seperti pemasaran konvensional, digital marketing juga ada ilmu dan materi yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Namun, kendala yang banyak terjadi kompetensi dari tenaga kerja perusahaan biasanya terbatas.
Meskipun kita sudah memasuki era digital, tidak semua orang mampu memanfaatkannya untuk mendorong promosi bisnis.
Solusi: Perusahaan bisa mendaftarkan tenaga kerja di bagian marketing untuk mengikuti kursus digital marketing atau training secara online maupun offline. Ini akan membantu mereka memahami sistem kerja pemasaran digital dan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan.
4. Budget Terbatas
Banyak pebisnis skala mikro dan kecil yang ingin mencoba menerapkan promosi digital, tapi tidak sedikit pula yang berhenti karena anggaran yang terbatas. Persoalan seperti ini memang bisa menjadi dilemma tersendiri, jika tidak mencoba menerapkannya maka risiko untuk kalah dalam persaingan pasar juga cukup mengkhawatirkan.
Solusi: Cara mengatasi hal seperti ini mungkin tidak mudah. Pilihannya ada dua, antara mempelajari digital marketing secara mandiri atau mencari layanan dengan biaya yang sedikit lebih terjangkau. Namun, perlu diingat menggunakan jasa yang terlalu murah mungkin bisa mengurangi kualitas dan hasil.
5. Persaingan yang Ketat
Satu lagi kendala rumit yang harus dihadapi pebisnis saat ingin menerapkan digital marketing, yaitu mengenai ketatnya persaingan. Tidak diragukan lagi seiring berjalannya waktu metode promosi seperti SEO, iklan berbayar, dan pengelolaan sosial media akan semakin umum dan banyak diterapkan oleh perusahaan.
Tanpa value atau keunikan yang ditawarkan kepada pelanggan, maka akan terasa sulit untuk bersaing.
Solusi: Tunjukkan value atau keunikan layanan Anda yang membuatnya berbeda dari penyedia layanan atau produk serupa. Terus lakukan pembaruan terhadap metode promosi online yang sudah berjalan.
Atasi Kendala Penerapan Digital Marketing Bersama Kami
Jika bisnis Anda kesulitan menerapkan strategi dan rencana pemasaran digital, ada baiknya untuk menggunakan bantuan jasa profesional pihak ketiga.
CV Studio Web menyediakan solusi yang Anda butuhkan. Kami menyediakan layanan digital marketing sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Sebagai agency digital marketing sejak 2013, Kami siap membantu dalam mengatasi penerapan digital marketing Kamu. Tersedia layanan pembuatan website, jasa seo, jasa iklan google, pembuatan artikel, maintenance web, pembuatan logo. Dengan menggunakan layanan kami Anda tidak perlu lagi melakukan promosi online secara mandiri.
Baca juga: 4 Alasan Anda Harus Menggunakan Digital Marketing Profesional
Prosesnya menjadi jauh lebih mudah dan sederhana. Anda bisa berkonsultasi hari ini dengan admin kami untuk menentukan metode promosi mana yang sekiranya sesuai dengan bisnis.
Hubungi Studio Web pada kontak yang sudah tersedia di website, kami harap bisnis Anda bisa menjadi lebih maju setelah menerapkan digital marketing.