Apabila Anda bertanya Apakah Blogging masih relevan untuk strategi pemasaran saat ini? Apakah blog masih menjadi alat yang relevan untuk promosi bisnis? Jangan panik, karena jawabannya ada di artikel ini. Jadi pastikan Anda terus membaca tulisan ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya!
Sebagai pemilik bisnis yang menjalankan pemasaran online, Anda harus selalu mengikuti tren pemasaran dan menyesuaikan strategi dengan lanskap pemasaran yang selalu berubah.
Karena dengan selalu mengikuti perkembangan atau tren pemasaran yang efektif, dapat membantu Anda melakukan yang terbaik untuk bisnis Anda.
Salah satu bagian dari pemasaran online yang populer beberapa tahun terakhir adalah blogging. Blogging merupakan elemen yang sangat penting untuk bisnis dan industri apapun.
Melakukan blogging untuk bisnis akan membantu mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs website. Itu mengapa blogging menjadi sangat penting bagi bisnis.
Tetapi pertanyaannya saat ini adalah “Apakah blog masih merupakan alat promosi yang relevan? dan apakah bisnis saya harus melakukan blogging?” Menurut kami, apapun perusahaan yang Anda jalankan, baik itu wirausaha online maupun perusahaan besar, Anda harus tetap memiliki blog untuk bisnis Anda.
Mengapa demikian? Apabila Anda melakukan blogging dengan cara yang benar, yaitu konsisten menyediakan informasi terbaru yang di cari oleh konsumen.
Maka mereka akan menganggap bisnis Anda masih ada untuk mereka yang pada akhirnya dapat memberi keuntungan untuk bisnis Anda.
Manfaat Blogging Bagi Bisnis Online
Bayangkan saja jika Anda terakhir melakukan posting blog 2 tahun yang lalu, mungkin konsumen Anda menganggap bisnis Anda sudah tutup.
Jadi jawaban dari pertanyaan di atas adalah “Blogging masing relevan hingga saat ini”. Menulis blog dengan benar memiliki banyak manfaat untuk bisnis seperti:
1. Blog Merupakan Strategi Content Marketing Yang Relevan
Blog adalah jenis content marketing yang paling utama dalam strategi pemasaran konten. Mungkin Anda tahu bahwa mempromosikan produk atau layanan bukanlah tugas yang mudah, apalagi bagi bisnis yang memiliki persaingan sangat kompetitif. Tapi tenang, karena blog dapat membantu.
Menulis blog / blogging dapat membantu Anda dalam mempromosikan perusahaan Anda dan membuat audienst target tetap tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Selain itu, menulis blog informasi terbaru dan bermanfaat tentang industri Anda secara konsisten, dapat membantu meningkatkan kepercayaan audiens.
Anda dapat membuat postingan blog yang menarik dengan membahas tips, tutorial maupun penawaran yang bermanfaat untuk audiens Anda. Dan Anda dapat menyertakan gambar maupun video yang akan membuat pengunjung semakin tertarik dan betah berlama-lama di halaman web Anda.
Anda perlu tahu bahwa ini merupakan konten yang akan sangat bermanfaat bagi audiens Anda dan tentu saja konten yang bagus untuk situs web Anda.
Karena dengan blog, Anda dapat memberikan informasi penting dan bermanfaat yang di butuhkan oleh audiens Anda. Namun perlu Anda ingat bahwa bagian terpenting dari blog adalah harus membuatnya lebih berkualitas.
2. Blog Membantu Menghasilkan Lebih Banyak Prospek
Anda dapat memanfaatkan blog sebagai strategi pemasaran untuk mendapatkan pengunjung baru dan mengembalikan pengunjung lama ke situs web Anda.
Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mendatangkan lebih banyak prospek berharga untuk bisnis Anda. Blog yang dioptimalkan untuk SEO dan diperbarui secara konsisten dapat meningkatkan prospek lebih banyak dari pada perusahaan yang tidak memanfaatkan blog dalam pemasaran mereka.
Postingan blog yang relevan merupakan alat yang akan sangat berguna untuk meningkatkan prospek dan penjualan bisnis Anda.
Dengan menerapkan startegi SEO yang benar seperti riset kata kunci, judul, tag judul, deskripsi meta dan banyak lagi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan visibilitas merek.
Ketika Anda membuat postingan blog baru, itu artinya Anda menambah halaman baru di situs web Anda. Ini akan sangat membantu SEO Anda, karena memberi sinyal kepada mesin pencari untuk merayapi ulang situs website Anda untuk menemukan konten baru yang akan di indeks dan diberi peringkat.
Selain itu, Anda dapat menjadikan blog di situs web Anda sebagai pondasi untuk semua platform media sosial Anda. Karena media sosial menjadi sangat penting untuk pengenalan merek, tidak heran jika keduanya saling berkaitan.
Bisnis Anda mungkin berada di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan banyak lagi. Anda dapat membagikan postingan blog Anda ke akun media sosial Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
3. Blog Menyajikan Informasi Baru
Orang tidak suka berita lama, itu mengapa blog sangat membantu Anda. Blog merupakan cara terbaik untuk membuat situs website Anda secara teratur menyajikan konten baru.
Selain itu, ini bermanfaat untuk membuat pengunjung lama datang kembali untuk melihat konten baru Anda. Orang-orang yang telah berkunjung ke situs web Anda dan mendapatkan manfaat dari postingan blog Anda, maka ketika mereka membutuhkan informasi terbaru, mereka akan mengunjungi situs Anda kembali.
Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai pengunjung, misalnya Anda mengunjungi situs milik perusahaan A dan B yang menawarkan produk atau layanan tertentu. Perusahaan A melakukan blogging secara konsisten dengan menyajikan informasi-informasi relevan.
Sedangkan perusahaan B terakhir memperbarui website mereka sejak 2 tahun yang lalu . Menurut Anda perusahaan mana yang lebih dipercaya?
Kami yakin Anda akan menjawab perusahaan A, dimana perusahaan A akan di anggap sebagai perusahaan yang masih ada untuk Anda.
4. Blog Meningkatkan SEO
Ketika sebuah bisnis online mengharapkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, Anda dapat melakukannya dengan membuat konten blog.
Blog dapat membantu meningkatkan SEO Anda, setiap postingan blog baru, mesin pencari akan merayapi ulang situs website Anda. Sehingga dapat memberi manfaat pada peringkat yang bisa Anda dapatkan.
Memperbarui website dengan postigan blog baru secara konsisten menjadi kunci utama untuk mengalahkan pesaing Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari.
Asalkan Anda menggunakan kata kunci yang relevan untuk setiap artikel yang dibuat akan sangat membantu untuk memenangkan lalu lintas potensial.
5. Blog Membantu Meningkatkan Penjualan
Tujuan dari melakukan pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan bisnis dan salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan blog.
Blogging dapat meningkatkan penjualan apabila Anda melakukannya dengan benar dan dibarengi dengan strategi SEO. Postingan blog Anda bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi apabila Anda melakukannya dengan menerapkannya dengan strategi SEO.
Baca juga: Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly
Jika setiap postingan blog Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian untuk kata kunci relevan.
Maka Anda menargetkan orang-orang yang tepat sasaran untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda.
Karena halaman web yang berada di halaman satu untuk pencarian kata kunci relevan akan mendapatkan kepercayaan lebih tinggi dari konsumen.
Lakukan Sekarang!
Blog merupakan alat pemasaran efektif yang berfungsi dengan baik untuk mendatangkan prospek dan penjualan. Hingga saat ini pun blog masih menjadi alat pemasaran yang masih relevan dan semakin efektif yang bisa membantu Anda menghasilkan penjualan lebih banyak.
Lakukan blogging sekarang untuk meningkatkan bisnis Anda! Jika butuh bantuan jasa optimasi blog, langsung saja hubungi kami!
Saya sepakat dengan ini: “Bayangkan saja jika Anda terakhir melakukan posting blog 2 tahun yang lalu, mungkin konsumen Anda menganggap bisnis Anda sudah tutup.”
Kalo saya dalam memilih layanan web hosting saya akan mengutamakan memilih yang ada tanda-tanda aktivitas terbaru, salah satunya ada postingan blognya yang aktif.
Membuat blog masih relevan di tahun 2024 sekarang ini, buktinya banyak selagi blog-blog baru yang terus bermunculan.