Google Ads menjadi salah satu metode promosi yang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pemilik bisnis mulai dari UMKM sampai perusahaan besar yang berlomba-lomba ingin mengiklankan website-nya di Google. Namun, ada satu masalah. Terkadang iklan Google ads tidak tayang secara tiba-tiba
Tampaknya untuk persoalan ini masih belum banyak yang paham. Google punya sistem dan kriteria sendiri untuk menayangkan suatu iklan, termasuk dalam promosi barang atau jasa.
Lantas sebenarnya apa yang terjadi, kenapa iklan kita tidak muncul? Mari kita cari tahu penyebabnya melalui penjelasan berikut.
5 Penyebab Iklan Google Tidak Tayang, Anda Wajib Paham
Sebenarnya ada banyak alasan yang membuat iklan google adword tidak tayang . Mulai dari persoalan teknis dari website itu sendiri, kendala di anggaran, sampai masalah kebijakan tertentu.

Sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk memahami hal ini supaya strategi promosi dengan iklan berbayar bisa berjalan lancar. Silahkan cek kembali beberapa penjelasan berikut.
1. Website Tidak Bisa Diakses di Perangkat Tertentu
Sepertinya banyak yang beranggapan semua website bisa langsung ngiklan di Google tanpa masalah. Faktanya tentu tidak begitu, terkadang beberapa pembuat website kurang memperhatikan aspek mobile friendly dan web responsive.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Web Responsive dan Mobile Friendly
Hasilnya website asal jadi, belum tentu bisa kita buka di semua perangkat seperti Android, IOS, dan PC. Untuk memastikan iklan kita bisa tayang dengan baik, maka penting untuk mengecek seberapa ramah website bagi pengguna yang membukanya.
Sebagai contoh, jika situs hanya bisa kita akses dengan PC saja, tentu ini akan menyebabkan masalah dari segi aksesibilitas yang berujung membuat iklan Google Ads sulit tayang atau bahkan tidak muncul sama sekali.
2. Adanya Risiko Malware di Website
Tidak hanya perangkat keras seperti laptop dan ponsel, website juga bisa terkena malware. Ini penyebabnya karena ada link tidak jelas, mengarah ke halaman yang sekiranya terhitung berbahaya bagi pengguna.
Google sendiri sepertinya sangat peduli dengan keamanan pelanggan. Mereka tidak akan menayangkan iklan jika website Anda bermasalah karena ada link dengan risiko virus atau malware. Jadi, silahkan cek lagi apakah website Anda benar-benar aman.
2. Melanggar Kebijakan Google
Selain itu, ada bagian yang sepertinya lebih kompleks lagi. Google akhir-akhir ini terus memperbarui kebijakannya. Tidak semua bisnis atau jenis usaha bisa pasang iklan di Google.
Anda mungkin agak paham bahwa layanan yang sifatnya berbahaya atau memberikan pengaruh negatif seperti penjualan senjata api, obat-obatan terlarang, penjualan software bajakan, dan lain sebagainya tidak bisa beriklan melalui Google Ads.
Namun, terkadang sesuatu yang tidak “Berbahaya”, juga bisa terkena pembatasan atau risiko iklan tidak tayang di Google. Contohnya seperti penerbitan dokumen pemerintah seperti SK Menteri, NIB, dan berkas yang sifatnya perizinan oleh negara.
Inilah kenapa pemilik bisnis perlu berkonsultasi dengan Google Ads specialist sebelum mengalokasikan budget untuk beriklan.
4. Biaya Iklan Sangat Minim dan Persaingan Ketat
Semua orang tampaknya ingin bisnisnya tampil terus di halaman satu pencarian, tapi perlu dipahami lagi yang beriklan bukan hanya Anda saja. Bahkan untuk satu jenis usaha katakanlah paket tour di Bali, kira-kira ada berapa ratus orang yang menyediakan layanan serupa di luar sana?
Selain persaingan yang ketat, memasang anggaran per hari yang terlalu minim juga bisa menjadi penyebab website tidak tayang saat beriklan di Google Ads.
Ya, sebaik apapun performa iklan dari segi teknis apabila anggarannya di bawah standar, tentu peluang untuk muncul dan tayang menjadi semakin menipis.
5. Bukan Tidak Tayang Tapi…
Terakhir bisa jadi sebenarnya website Anda tayang, tetapi iklan Google memang tidak muncul saat mencarinya secara manual pakai HP/laptop sendiri karena sistemnya random (acak).
Ya, perlu kami ingatkan kembali Iklan Google itu tayangnya acak. Saat kampanye mulai berjalan bukan berarti ada suatu kepastian iklan pasti muncul di perangkat yang Anda miliki.
Bahkan meskipun kita cek dengan 5 HP sekalipun hasilnya akan sama, ini karena iklan Google mempelajari para pengunjung potensial. Sistem hanya akan menayangkan iklan di ponsel atau laptop orang-orang yang “Relevan.”
Ini sepele, tapi terkadang banyak yang melupakannya. Hanya karena iklan tidak muncul di perangkat sendiri beberapa orang langsung menganggap iklan tidak tayang.
Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang membuat iklan google tidak tayang, beberapa di antaranya seperti:
- Targeting yang kurang tepat sasaran
- Pemilihan kata kunci
- Masalah pencocokan kata kunci
- Performa atau kualitas iklan
- Dan lain sebagainya
Apa yang Harus Dilakukan Jika Iklan Google Tidak Tayang?
Bagaimana sudah paham sekarang kenapa website tidak tayang saat beriklan di Google Ads? Dari sini semestinya sudah terlihat pentingnya peran seorang konsultan atau tenaga profesional untuk diajak berdiskusi mengenai rencana iklan dan promosi bisnis.
Daripada Anda bingung melakukan semuanya sendiri, solusinya bisa pakai jasa iklan Google Ads dari Studio Web. Kami punya berbagai pilihan paket iklan yang bisa dengan mudah disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.
Tidak hanya itu, kami juga siap membantu konsumen untuk melakukan pengajuan banding ke Google. Langkah ini bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan iklan yang tidak tayang karena alasan teknis baik dari segi settingan atau kendala di website-nya terutama masalah malware dan kebijakan tertentu.
Sebagai catatan barang atau jasa yang sudah dilarang dari kebijakan Google tidak akan bisa diubah. Dengan kata lain layanan-layanan yang bersifat menimbulkan pengaruh negatif akan tetap dilarang dengan alasan apapun.
Hubungi kami agar bisa langsung mendapatkan layanan gratis konsultasi bersama tim yang sudah berpengalaman.