Dalam dunia digital marketing istilah copywriting tentunya sudah tidak asing lagi. Hal ini karena peran dari copywriting sangat vital dan menjadi salah satu ujung tombak dalam sebuah promosi.
Anda pastinya sudah tahu jika artikel atau tulisan-tulisan berupa ajakan dalam iklan tidak lah dibuat sembarangan. Teknik menulis ini butuh keahlian khusus supaya dapat menghipnotis para pembacanya.
Copywriting adalah salah satu seni membuat tulisan yang menginformasikan, mendeskripsikan sesuatu sehingga mendorong seseorang untuk bertindak dalam tujuan pemasaran. Tindakan ini bisa berupa mengunjungi situs, membeli produk, atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
Hasil dari copywriting disebut dengan “Copy” dan yang mengerjakannya yaitu “Copywriter”.
Sebagai salah satu bagian yang penting dalam dunia marketing, copywriting perlu dibuat dengaan penuh ketelitian dan harus sesuai dengan kebutuhan.
Jenis-jenis Copywriting yang Perlu Anda Ketahui
Dibawah ini akan Kami berikan beberapa macam jenis copywriting yang bisa Anda pahami.
1. SEO Copywriting
Jenis copywriting yang pertama adalah SEO copywriting. Pada prinsipnya teknik penulisan konten pemasaran berbasis online yang satu ini menyesuaikan dengan kaidah SEO.
Tugas mereka adalah membuat konten di sebuah website sesuai dengan keyword yang dioptimasi. Oleh karena itu seorang copywriter harus paham mengenai ilmu SEO, seperti kata kunci, link building, dan sebagainya.
Pengaplikasian SEO copywriting ini bisa pada landing page, konten pada blog, deskripsi produk di marketplace, dan lain-lain.
2. Brand Copywriting
Untuk jenis copywiting ini fokus utamanya adalah untuk memasarkan sebuah identitas brand. Tulisannya bisa berupa deskripsi dari produk, halaman produk yang ada di website, dan lain sebagainya.
Anda bisa menekankan kelebihan produk atau manfaatnya. Memang hal ini terlihat sepele, akan tetapi jika sebuah brand dapat terdeskripsi dengan baik maka akan melekat di benak para audiens. Sebaliknya, jika brand tidak dapat memberikan gambaran yang jelas, maka tidak akan diingat bahkan cenderung sulit dikenal oleh audiens.
3. Technical Copywriting
Pada technical copywriting akan lebih fokus untuk memberikan pengetahuan suatu produk. Misalnya adalah cara penggunaan, komposisi, cara kerja, dan sebagainya. Biasanya terdapat pada produk kesehatan, teknologi, dan produk kecantikan.
Copywriting ini merupakan aspek penting untuk menjelaskan pada konsumen tentang penggunaan dari suatu produk.
4. Social Media Copywriting
Sama seperti namanya, jenis copywriting ini yang sering Anda lihat di media sosial yang mana ikut melibatkan konsumen melalui sebuah postingan dengan sedemikian rupa.
Bagian ini perlu diberikan contoh penerapan copywriting pada pembuatan postingan, caption pada reels, dan lain sebagainya
Itulah 4 jenis copywrting dalam dunia digital marketing yang dapat Anda pelajari. Memang untuk menciptakan copywriting yang sesuai dengan industri perusahaan terbilang cukup rumit.
Tetapi Anda jangan khawatir, kini sudah banyak perusahaan yang mempunyai copywriter profesional untuk membantu membuatkan konten berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah Studioweb, penyedia jasa pembuatan konten marketing yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun.
Kami siap membantu membuatkan konten yang menarik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan Anda pastinya. Segera hubungi kami untuk informasib lebih lengkapnya melalui kontak yang sudah tersedia di situs ini ya.