4 Cara Mengoptimalkan Konten Lama Pada Website Berikut Manfaatnya Untuk Bisnis

4 Cara Mengoptimalkan Konten Lama Pada Website Berikut Manfaatnya Untuk Bisnis

Tahukah Anda bahwa mengoptimalkan konten lama pada situs web dapat memberikan banyak manfaat pada peringkat website Anda di mesin pencari?

Jika Anda berfikir bahwa membuat website sudah cukup mendatangkan pelanggan, itu salah besar. Anda harus membuat konten berkualitas yang di optimalkan secara konsisten.

Konten yang sudah dipublikasikan harus tetap Anda optimalkan supaya tetap berada di peringkat tinggi dan menghasilkan pengunjung.

Membuat konten website setiap hari memang sangat bagus untuk peringkat di mesin pencari. Tetapi alangkah lebih baiknya juga tetap mengoptimalkan konten-konten lama Anda. Jangan hanya fokus pada membuat konten baru saja, namun Anda juga harus mempertahankan relevansi konten lama Anda.

Situs web yang memiliki banyak konten, tentu saja perlu perhatian khusus, karena Anda tidak hanya fokus pada pembuatan konten baru, tetapi juga mempertahankan peringkat konten lama Anda.

Supaya konten-konten lama Anda tetap mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, pastikan bahwa Anda mengoptimalkannya dengan tepat. Apabila Anda ingin mengoptimalkan konten-konten lama Anda, membaca tulisan ini hingga selesai adalah keputusan yang tepat.

Cara Mengoptimalkan Konten-Konten Lama Pada Website

Perlu Anda ketahui bahwa konten dengan judul / kata kunci yang Anda targetkan juga di buat oleh puluhan bahkan ratusan pesaing. Itu mengapa Anda harus melakukan optimasi pada konten-konten lama karena ada banyak orang yang membuat konten seperti milik Anda setiap saatnya.

Nah berikut cara mengoptimalkan konten lama pada situs web Anda:

1. Analisis Konten Lama Anda dan Identifikasi Apa yang Harus Ditingkatkan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi konten lama Anda. Mungkin pada saat Anda mempublikasikan konten, konten tersebut mendapatkan peringkat tinggi sehingga menghasilkan lebih banyak pengunjung.

Tapi mungkin setelah beberapa bulan atau tahun, performa konten tersebut menurun sehingga peringkatnya di gantikan oleh pesaing Anda. Sehingga konten yang dulunya menghasilkan banyak pengunjung kini telah kehilangan peminatnya.

Nah supaya konten Anda tetap berada di posisi terdepan dan menghasilkan pengunjung, Anda perlu meningkatkan performanya jika sudah mulai tergeser oleh pesaing Anda. Cari tahu apa yang harus Anda tingkatkan dengan melihat konten pesaing Anda.

Perlu di ingat bahwa selalu ada ruang perbaikan terutama karena konten semakin tua maka berisiko menjadi kurang relevan. Mesin pencari seperti Google selalu membuat ratusan perubahan pada algoritmanya setiap tahun.

Jadi, mungkin sebuah konten mendapatkan peringkat tinggi untuk sementara waktu, lalu tiba-tiba turun karena pembaharuan algoritma. Itu mengapa mengoptimalkan konten lama adalah salah satu membuatnya lebih relevan bagi mesin pencari dan pengguna.

2. Edit Konten yang Perlu di Edit

Tidak semua konten lama harus Anda edit, cukup konten yang peringkatnya turun atau bahkan tidak terindex lagi oleh Google. Terkadang konten lama juga bisa kehilangan index karena ada banyak konten baru yang mungkin setiap hari di buat.

Cara mengoptimalkan konten lama yang berikutnya adalah memilih konten mana yang perlu di perbaiki. Situs web yang memiliki banyak konten, membutuhkan perhatian ekstra karena mungkin ada banyak konten yang sudah tidak relevan.

Konten yang tidak lagi relevan dengan apa yang di inginkan Google, maka Google akan mengabaikannya, oleh karena itu terkadang konten lama tidak terindex lagi. Jadi supaya Google mengindex kembali konten lama, maka Anda perlu memperbaiki yang perlu di perbaiki.

Anda bisa mengedit isi, judul, gambar dan mengoptimalkan SEO on page untuk meningkatkan performa konten Anda kembali. Minta ulang Google untuk mengindex konten Anda.

Silahkan baca juga: Cara Buat Artikel Website Terindex Oleh Google

3. Strategi Penerbitan Ulang dan Distribusi

Setelah konten Anda di edit atau di perbaiki, langkah selanjutnya ialah dengan menerbitkan ulang dan mendistribusikan dengan tanggal baru. Ini akan membuat konten Anda kembali terindex oleh mesin pencari seperti Google.

Cara mengoptimalkan konten lama untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian mesin pencari:

  1. Memperbarui tanggal posting – Tahukah Anda bahwa dengan menerbitkan ulang konten dengan tanggal baru dapat mengirim sinyal ke mesin pencari dan pembaca bahwa Anda mempublikasikan konten baru yang lebih relevan.
  2. Kirim ulang pengindeksan ulang – Setelah konten lama di terbitkan dengan tanggal terbaru, langkah selanjutnya adalah meminta pengideksan ulang dengan memanfaatkan alat dari Google yaitu Google Search Console. Ini akan membantu konten Anda dirayapi ulang secara otomatis dalam beberapa hari atau minggu kedepan.

4. Optimalkan SEO Teknis

Tidak hanya fokus pada kualitas konten atau SEO onpage saja, tapi Anda juga fokus pada SEO teknis. Ini sangat penting karena SEO teknis sangat berpengaruh terhadap peringkat mesin pencari dan juga pengalaman pengguna.

Selain menyajikan konten yang relevan, Anda juga dituntut memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan SEO teknis untuk meningkatkan pengalaman pengguna sekaligus untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.

Mengoptimalkan SEO teknis berarti meningkatkan:

  • Kecepatan Memuat Halaman – Salah satu cara mengoptimalkan konten lama yang perlu Anda lakukan meningkatkan kecepatan situs web Anda. Selain meningkatkan pengalaman pengguna, kecepatan memuat juga sangat berpengaruh terhadap peringkat konten web Anda.
  • Responsive / Mobile Friendly – Untuk menjangkau pengguna perangkat seluler, maka situs web Anda harus di desain responsive terhadap berbagai perangkat seperti desktop maupun seluler.
  • Broken Link – Broken link adalah masalah serius yang harus Anda selesaikan dengan cepat, karena ini dapat berpengaruh terhadap performa situs web Anda. Dengan melakukan perbaikan konten berarti Anda sekaligus memperbaiki broken link.

Manfaat Mengoptimalkan Konten Lama pada Website

Situs web yang di bangun beberapa tahun lalu dan memiliki banyak konten lama tentu saja perlu di optimalkan lebih ekstra. Konten-konten yang mungkin sudah tidak lagi relevan tidak akan berfungsi lagi untuk menarik pengunjung apalagi konversi.

Nah berikut beberapa manfaat dari mengoptimalkan konten lama yang akan Anda dapatkan:

1. Menjadikan Konten Lama Anda Lebih Relevan

Konten yang di buat 1, 2, 3 tahun yang lalu mungkin sudah tidak lagi relevan dengan keinginan mesin pencari dan pengguna. Itu lah mengoptimnalkan konten lama akan menjadikan situs web Anda memiliki konten-konten relevan.

Anda bisa rugi jika mengabaikan konten lama yang mungkin dulu adalah sumber lalu lintas Anda. Konten yang terus di optimalkan akan mempertahankan peringkat tingginya, yang juga akan terus menghasilkan lalu lintas.

2. Sebagai Sumber Pendatang Lalu Lintas

Konten yang di optimalkan dengan tepat, akan menjadi sumber lalu lintas karena memungkinkan mesin pencari meningkatkan peringkatnya.

Inilah salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari memperbaiki konten dan mengoptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna. Konten Anda dapat di rayapi kembali dan berpeluang untuk di beri peringkat tinggi oleh mesin pencari seperti Google.

Konten-konten lama yang di edit lebih relevan bisa menjadi sumber lalu lintas Anda terus-menerus sehingga dapat meningkatkan konversi.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Bukankah bisnis yang selalu memberikan apa yang di butuhkan pelanggan dengan baik akan lebih di percaya? Begitulah dengan manfaat mengoptimalkan konten lama, konten yang di edit dengan menjadikannya lebih relevan dengan pencarian saat ini akan di sukai oleh pelanggan Anda.

Ketika Anda menyajikan konten-konten yang tetap relevan akan membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Jadi itulah mengapa situs web yang sudah memiliki konten lama juga wajib di optimalkan supaya tetap relevan dengan pencarian pengguna.

4. Mempertahankan Peringkat atau Meningkatkan Peringkat

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa konten yang manargetkan kata kunci tertentu sudah pasti juga di buat oleh pesaing Anda. Jadi jika Anda membuat konten di tahun lalu dan tidak mengoptimalkannya mungkin peringkatnya sudah tergeser oleh konten baru dari pesaing Anda.

Tidak hanya mempertahankan peringkat, mengoptimalkan konten lama juga dapat membantu meningkatkan peringkat. Apabila konten Anda semakin relevan bagi mesin pencari dan pengguna maka ini mengantarkan konten Anda ke posisi atas hasil pencarian.

5. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Bukankah salah satu tujuan Anda membuat konten adalah untuk mendapatkan konversi dan penjualan? Nah supaya konten-konten situs web Anda menghasilkan pengunjung yang akhirnya mengkonversi, mengoptimalkan konten lama adalah salah satu cara yang bisa Anda jalankan.

Konten yang di optimalkan bisa mendapatkan peringkat tinggi sekaligus lebih banyak lalu lintas. Dan tentu saja ini dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Kesimpulan

Agar konten yang Anda buat terus memberikan keuntungan, maka mengoptimalkan konten lama dan konten baru adalah cara yang tepat.

Jangan hanya fokus pada pembuatan konten baru, tapi juga manfaatkan konten lama untuk terus mendatangkan pengunjung berkualitas. Sehingga konten-konten Anda menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Apabila Anda ingin maintenance situs web Anda dengan teknik yang tepat sehingga peringkat konten-konten Anda terjaga bahkan meningkat, silahkan gunakan layanan maintenance website dari Studio Web.

Kami pastikan situs web Anda di kelola dengan baik menggunakan teknik yang efektif untuk meningkatkan performa website Anda.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!