3 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Tour dan Travel, Harus Mulai Dari mana?

digital marketing tour dan travel

Menjadi pemilik bisnis tour dan travel harus kreatif memanfaatkan teknologi digital. Karena di era seperti sekarang ini, kebanyakan wisatawan mencari info tempat liburan lewat internet. Namun, sudahkah Anda sendiri menerapkan strategi digital marketing tour travel untuk memaksimalkan peluang tersebut?

Dimanapun lokasi wisatanya baik itu Bali, Lombok, NTB, NTT, Kalimantan, bahkan Papua promosi secara online itu penting.

Ada banyak media pemasaran online atau digital marketing yang bisa mendorong potensi kenaikan pengunjung mulai dari bikin website, iklan berbayar seperti google ads, optimasi mesin pencari SEO, pembuatan konten di sosial media dan lain-lain.

Kami akan jelaskan beberapa strategi promosi tersebut yang bisa langsung dicoba setelah Anda selesai membaca tulisan ini. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Silahkan simak penjelasannya di bawah.

Popularitas Meroket, Lakukan 3 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Tour dan Travel!

Ada beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membuat bisnis penjualan paket wisata di tempat Anda lebih dikenal oleh orang-orang di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Membuat Website yang Bisa Diakses Semua Orang

Kunci pertamanya ada di website, nantinya ini akan menjadi salah satu media promosi Anda untuk menerapkan rencana digital marketing ke depannya. Saran kami untuk web paket wisata atau tour dan travel buatlah sebagus mungkin  dan informatif.

digital marketing bikin web travel tour

Sematkan pilihan paket wisata terbaik yang bisa Anda tawarkan ke calon pelanggan di halaman depan web. Lengkapi dengan informasi mengenai usaha, jauh lebih baik jika Anda sudah punya legalitas ini bisa meningkatkan kepercayaan bagi para konsumen.

Selain itu ada beberapa poin penting yang menurut kami wajib ada di web tour dan travel:

  • Informasi harga, meskipun hanya estimasi ini akan mempermudah konsumen memperkirakan pilihan paket wisata yang pas
  • Value bisnis, menjelaskan apa keunggulan layanan yang Anda tawarkan dan nilai lebih kepada pelanggan
  • Testimoni, tunjukkan kepada konsumen bahwa sudah banyak orang yang memilih paket wisata Anda dan mereka puas!
  • Kontak, mempermudah pelanggan untuk menghubungi Anda jika ingin booking tour dengan segera

Setelah Anda membuat website, maka langkah berikutnya adalah mengisi kontennya dengan blog-blog wisata yang informatif membagikannya ke sosial media atau bisa juga didukung dengan iklan berbayar.

2. Cara Cepat Mencoba Beriklan di Google Ads

Nah, agar calon pelanggan Anda bisa mengetahui layanan paket wisata yang Anda tawarkan maka salah satu caranya adalah memasang iklan berbayar.

Google ads atau iklan google menjadi salah satu cara tercepat untuk melakukan promosi di jaringan Google. Salah satunya mesin pencari yang hampir selalu digunakan oleh banyak orang.

Jutaan orang di luar sana mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci paket wisata ke bali, paket wisata ke lombok, dan wilayah lainnya. Dengan bantuan Google Ads bisnis tour dan travel bisa semakin banyak dikenal oleh pelanggan karena website Anda akan tayang di mesin pencari tersebut.

Pernah melihat pencarian dengan tulisan “Bersponsor” di pojok kiri atas? Itu yang kita sebut sebagai iklan google, website Anda bisa tayang meskipun masih baru bisa berpeluang mendatangkan visitor dari waktu ke waktu.

Baca juga: Wajib Coba, Jasa Google Ads yang Bisa Promosikan Bisnis ke Luar Negeri

3. Strategi Promosi Jangka Panjang dengan SEO

Iklan mengharuskan Anda untuk terus membayar agar bisa tayang di Google. Jika Anda ingin mencoba strategi pemasaran online di internet tanpa bergantung ke budget iklan, maka jawabannya adalah pakai jasa SEO web travel.

Singkat saja, secara sederhana SEO adalah teknik pemasaran online yang mengandalkan optimasi kata kunci dengan serangkaian teknik berupa on page dan off page.

Mulai dari fokus ke pembuatan konten dan blog-blog yang informatif dan mengandung kata kunci tertentu sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, proses SEO juga melibatkan pemberian backlink, analisa pesaing, pengecekan website mobile friendly, kecepatan loading, dan lain sebagainya.

Memang terdengar sangat rumit, tapi strategi digital marketing yang satu ini lumayan worth it untuk jangka panjang. Bayangkan saja kalau website Anda sudah ada di halaman 1 Google traffic bisa terus mengalir tanpa harus membayar biaya iklan.

Namun, sebagai catatan penting metode ini tidak instan dan butuh waktu yang tidak sebentar.

Jadi bagaimana sudah siap untuk mencoba strategi pemasaran online untuk bisnis tour dan travel? Melakukan semuanya dari nol pasti sulit dan merepotkan.

Terlebih lagi Anda juga harus mengurus bisnis, melayani para wisatawan yang sudah booking, dan kesibukan lainnya.

Kami punya ide lebih baik, kenapa tidak pakai jasa digital marketing saja? Contohnya seperti Studio Web. Kami menyediakan solusi untuk memasarkan layanan paket wisata dan jasa tour dan travel.

Temukan paket terbaik untuk menggunakan jasa pembuatan website, iklan google, hingga SEO. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkapnya, semoga bisnis Anda tambah maju dan wisatawan baru bisa terus berdatangan berkat strategi pemasaran online.

Rate this post
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!